Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Kisah Hikmah Kepimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Sang Khalifah, Umar bin Abdul Aziz, berkata kepada para pejabatnya: "Tolong jangan lupa sebar dan tebarkan biji-biji makanan di atas gunung. Jangan sampai ada berita bahwa ada burung mati kelaparan di negeri orang-orang Islam." Luar biasa sekali makna kalimat beliau ini. Burung saja tak boleh mati kelaparan, apalagi manusianya, penduduknya.


Ada yang berusaha melaksanakan ujaran tersebut di atas, namun dengan pemahaman yang sangat picik dan terbatas. Yakni, ada beberapa negara yang binatang-binatang di negeri itu dipelihara di kebun binatang dengan jaminan makanan, pelayanan dan kesehatan yang luar biasa, sementara penduduknya dibiarkan tanpa rumah atau tempat tinggal serta dibiarkan menjadi gelandangan tanpa mendapatkan jaminan makanan, pelayanan dan kesehatan.

Menurut kisah, Umar bin Abdul Aziz menjadi kurus sekali setelah dua tahun menjabat sebagai khalifah karena tak mau makan enak dan enak makan sebelum rakyatnya makan enak dan enak makan. Baju mewahnya dijual untuk rakyat dan berganti baju sederhana. Perhiasan isterinya juga dijual demi pembangunan negaranya. Sungguh potret "kepala" yang tak mau enak sendiri sementara salah satu anggota badan ada yang sakit, terluka atau menderita.

Sulit sekali mencari potret pemimpin seperti beliau. Bukan hanya karena sulit mencari orang setulus dan sebertanggungjawab seperti beliau, namun juga karena orang seperti beliau sulit terpilih dalam pemilihan pemimpin yang lebih mendahukan uang dan rekayasa pencitraan.

Negeri yang baik adalah yang dipimpin orang baik, yang dipilih dengan cara baik dan memimpin dengan cara baik. Negara yang sehat adalah negara yang dipimpin orang sehat yang dipilih dengan cara sehat dan memimpin dengan cara sehat pula. Salam, Ahmad Imam Mawardi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kisah Hikmah Kepimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz

0 komentar:

Poskan Komentar