Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cerpen Islami Terbaik Terbaru: Ahli Istikharah

Oleh Selvia Stiphanie | "Sungguh sangat hebat orang-orang yang mampu menjalani shalat istikhoroh."
Itulah kiranya kalimat yang bisa saya ungkapkan. Istikhoroh berbeda dengan shalat-shalat lainnya. Tidak sama dengan shalat 5 waktu yang mana kita wajib mengerjakannya. Berbeda dengan shalat sunnah tahajjud yang sudah jelas keutamaannya, jelas tertera di dalam Al-Quran. Berbeda dengan shalat rawatib, sebagai shalat sunnah yang juga utama.

Shalat dikerjakan untuk penyerahan diri kepada Tuhan, Allah Ta'ala. Shalat yang dilakukan dengan penuh keyakinan akan hadirnya Allah di hadapan kita, merupakan kekhusyu'an yang sangat nikmat rasanya.


Sungguh, dulu saya memahami, shalat istikhoroh hanya dilakukan ketika seseorang bingung dalam menentukan pilihan. Tetapi ternyata tidak!!
Tatkala saya sedang gundah dan gelisah menghadapi kejenuhan hidup beberapa bulan terakhir, sahabat saya datang, ia bercerita.

"Maukah kamu kuceritakan suatu kisah? Ini tentang sesuatu hal yang sangat penting untukmu." Ucapnya.
Kujawab dengan satu kata, "Ya.."

"Di dalam hidup, setiap orang, siapapun dia, pasti memiliki masalah, kalaupun tidak ada masalah dalam hidupnya, setidaknya ia pasti memiliki keinginan atau harapan. Masalah, setiap permasalahan berbeda kadarnya bagi setiap manusia. Apa kamu tahu, mengapa seorang ulama terlihat tenang dalam hidupnya? Seakan-akan mereka seperti tidak memiliki masalah dan harapan?" jelasnya.
"Kenapa?" tanyaku.

"Karena bukan berarti 'ulama tidak punya masalah, hanya saja penyerahan diri yang menjadi kuncinya. Begini, saya punya teman. Dia bukanlah seorang 'ulama, namun dia seorang yang sangat senang melakukan shalat istikhoroh, dengan ada atau tidak ada pun masalah dan keinginan." Ungkapnya.
"Lalu?" tanyaku lagi.

"Vii, setiap hari, kita sebetulnya dihadapkan dengan pilihan-pilihan. Anggap saja, memilih mau makan apa, memilih mau pergi kemana dan bersama siapa. Itu adalah pilihan. Jadi, seorang yang ahli istikhoroh. Maka hidupnya tidak akan gelisah, karena ia meyakini bahwa setiap yang dipilihnya adalah pilihan Allah. Jika pun ia mengharapkan sesuatu dan pada nyatanya tidak mendapatkan sesuatu itu, ia tidak akan mudah bersedih, gamang dan terluka, sebab ia tahu, itu adalah pilihan Allah, bukan pilihannya."

Begitulah kiranya tentang keajaiban istikhoroh. Terkadang, kita merasakan sakit dan kesedihan yang begitu panjang, dikarenakan karena kita merasa telah banyak melakukan sesuatu, kita telah merasa banyak memiliki sesuatu, sehingga ketika sesuatu itu hilang, menderitalah kita. Tetapi TIDAK bagi orang yang sering beristikhoroh, sebab ia tahu semua gerak langkahnya adalah takdir ALLAH...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cerpen Islami Terbaik Terbaru: Ahli Istikharah

0 komentar:

Poskan Komentar