Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Merawat Mesin Mobil Yang Baik dan Benar

Semakin hari pengguna mobil di jalanan Indonesia semakin bertambah. Dari mulai masyarakat kelas atas hingga masyarakat menengah ke bawah berbondog-bondong untuk memilih dan membeli mobil yang mereka sukai. Sayangnya, hal tersebut tidak sejalan dengan informasi dan pendidikan mengenai pemeliharaan mobil. Termasuk di dalamnya mesin.

tips merawat mesin mobil

Seperti yang kita tahu, mesin merupakan jantung bagi mobil. Oleh sebab itu, mengetahui mengenai tips merawat mesin mobil merupakan salah satu usaha untuk lebih bisa peduli terhadap mobil yang dimiliki. Untuk lebih mudahnya, mari simak tips-tips sederhana berikut ini.

Tips Merawat Mesin Mobil Yang Baik dan Benar

{1.} Berfokus pada oli
Mesin sebuah mobil akan terus bergerak selama Anda berkendara. Oleh sebab itu, dibutuhkan pelumas dan oli di sinilah yang memiliki fungsi penting. Lebih fokus dari itu, oli mesin dapat berkurang seiring dengan Anda mengemudi. Bila dibiarkan, maka mesin akan rusak dan juga terkontaminasi oleh deposit karbon serta lumpur, dikarenakan efek gesekan dan mekanisme lainnya di dalam mesin. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan oli secara konsisten.

Umumnya mobil modern sudah bisa memberitahu apakah oli sudah habis atau tidak. Namun Anda juga bisa memeriksanya secara manual. Jangan sampai Anda telat mengisi oli ketika oli sudah sangat habis. Setidaknya periksalah keadaan oli sebanyak 1 bulan sekali.

Untuk masalah lokasi, setiap mobil bisa memiliki lokasi mesin yang berbeda-beda. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa membuka buku manual mobil Anda tersebut. Biasanya dijelaskan lokasi kompartemen mesin pada bagian pemeliharaan (maintance) > engine compartement. Anda akan melihat satu penjelasan dengan judul Engine Oil.

{2.} Melindungi mesin dari overheating
Overheating umumnya disebabkan oleh masalah pada sistem pendingin. Biasanya pendingin rusak diakibatkan adanya kebocoran. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga agar mesin pendingin tetap dalam keadaan performa yang prima.

{3.} Jangan malas melakukan tune-up
Tune-up dapat berpern efektif dalam mengatasi masalah mesin mobil yang terasa kasar, misfires, dan lesu. Biasanya tune-up dilakukan setelah mobil bergerak 60.000 sampai 90.000 mil. 

Tune-up sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari mengubah busi, filter udara, hingga membersihkan throttle body. Pada mobil tua, bisa pula memperbaiki distributor cap dan rotor, kabel pengapian, serta bagian filter bahan bakar. Jangan malu untuk meminta konsultasi dengan ahli.

{4.} Perawatan mesin turbocharger
Fungsi utama dari turbocharger adalah untuk meningkatkan tenaga dari mesin tanpa meningkakan volume dari mesin itu sendiri. Turbocharger ini ketika bekerja akan mengeluarkan hawa yang panas, sehingga dibutuhkan pelumas. Para ahli menyarankan memilih oli jenis sintetis premium untuk menjaga turbocharger tersebut. Bisa pula menggunakan oli mineral dengan penggunaan yang teratur.

{5.} Mengubah mesin belt drive
Alternator, kompresor AC, serta aksesoris lainnya dijalankan oleh mesin belt drive. Umumnya kerusakan belt drive dikarenakan aus, pecah-pecah. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksanya dan menggantinya bila diperlukan.


Kesimpulan
Beberapa tips merawat mesin mobil di atas memang tidak menjelaskan seluk beluk mengenai mesin secara keseluruhan. Namun, dengan mengetahui sedikit tips di atas, Anda bisa lebih cermat dan aktif dalam menjaga kelangsungan performa dari mobil yang dimiliki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Mesin Mobil Yang Baik dan Benar