Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Ampuh Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Obat Tradisional

Obat Herbal Untuk Meredakan Batuk Berdahak - Batuk terdiri dari 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk memang terasa tidak mengenakkan karena membuat tenggorokan kita menjadi gatal dan sakit ketika batuk. Banyak jenis-jenis obat batuk baik yang dijual di apotik, warung, alami. Akan tetapi jika obat yang dijual pasti mempunyai efek samping. Jika anda ingin mencoba tips meredakan batuk berdahak bahan alami mungkin bisa mencoba bahan-bahan alami diartikel kali ini.

Cara Ampuh Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Obat Tradisional

Bagi anda yang belum tahu, Batuk disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh. Biasanya jenis batuk berdahak disertai dengan Flu dan adanya Dahak. Keuntungannya anda menggunakan cara alami menghilangkan batuk berdahak tidak adanya efek samping, tidak seperti anda mengkonsumsi obat yang biasanya paling sering memiliki efek samping ngantuk yang cukup berat.

Batuk memang jenis penyakit yang umum dikalangan masyarakat, penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi anak-anak, pria atau wanita juga dapat terserang penyakit ini. Langsung saja berikut bahan-bahan alami menghilangkan batuk berdahak.

 Ramuan Tradisional Menghilangkan Batuk Berdahak

  • Kencur dan Jahe
Kedua rempah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menyembuhkan batuk, caranya: kupaslah kedua bahan ini hingga bersih lalu tumbuk. Setelah itu, masaklah dan ambil sarinya. Selain itu anda juga bisa mengunyah Kencur.
  • Air Garam
Air Garam mampu membunuh bakteri dan virus yang merupakan penyebab batuk, serta mengeluarkan dahak pada tenggorokan. Caranya: berkumurlah dengan air garam 2x sehari pagi dan malam secara teratur. Selain itu air garam juga bisa digunakan untuk obat sakit gigi dengan cara yang sama.
  • Jeruk Nipis
Jeruk Nipis pasti kita biasa mengkonsumsi nya untuk bahan makanan, tetapi jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat. Caranya: minumlah satu sendok teh air hasil perasan jeruk nipis. Jika anda tidak kuat dengan rasa asamnya, anda boleh mencampurkannya dengan madu atau kecap. Lakukan 2x sehari pagi dan sore.
  • Belimbing Wuluh
Bunga belimbing wuluh juga terbukti berkhasiat meringankan batuk. Caranya: Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir kopi, lalu tiriskan, setelah agak dingin saringlah ramuan tersebut, lalu minum.
  • Kunyit
Kunyit juga ternyata bisa digunakan sebagai obat batuk. Caranya: tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu kedalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami menghilangkan batuk berdahak yang berkepanjangan.
  • Madu dan Lada Putih
Penggabungan 2 bahan alami ini juga memiliki khasiat menghilangkan batuk. Caranya: campurkanlah lada putih pada teh madu, lalu minum. Dengan cepat batuk berdahak anda akan sembuh. Karena lada putih memiliki sensasi panas yang akan merangsang dahak menjadi cair dan mengurasi rasa batuk karena lendir.
  • Licorice
Jenis tumbuhan ini juga dapat menghilangkan batuk. Caranya: rebuslah 2 gelas air hingga mendidih, masukkan akar licorice dan biarkan beberapa saat, setelah itu angkat dan diamkan sampai dingin. Jika sudah dingin minumlah hasil rebusan tersebut yang bisa anda campurkan dengan madu.
  • Daun Teh dan Minyak Kayu Putih
Cara ini lebih ditepatkan untuk Penguapan. Caranya: rebuslah air hingga mendidih, lalu masukkan daun teh dan minyak kayu putih secukupnya. Kemudian Hiruplah uapnya secara perlahan dan teratur sampai anda terasa baikan. Ingat Jangan Diminum!!!.
  • Lada Hitam
Lada Hitam mungkin biasa digunakan untuk bumbu makanan, tetapi ternyata juga bisa digunakan sebagai obat batuk. Caranya: rebuslah lada hitam, lalu campurkan dengan madu. Minumlah hasil campuran tersebut. Lakukan saat pagi dan malam menjelang tidur.
  • Kemangi
Seperti yang kita ketahui bahwa daun kemangi memiliki wangi yang khas, maka dari itu ramuan daun kemangi dapat digunakan sebagai obat batuk. Caranya: sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan tersebut.
  • Daun Sirih
Daun Sirih mugkin terasa aneh menurut anda bisa dilakukan sebagai obat batuk, tetapi beberapa orang membuktikan bahwa daun sirih manjur digunakan sebagai obat batuk. Caranya: ambbil sirih kira-kira 5 lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayi manis. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan air 2 gelas. Jika sudah mendidih angkat lalu saring kedalam gelas. Minum hasil air yang sudah disaring sebanyak 1 kali sendok makan, dan lakukan 3 kali sehari. 
  • Bunga Mawar
Bunga Mawar selain indah ternyata memiliki khasiat yang mujarab untuk obat batuk. Caranya: ambil bunga mawar kira-kira 10 gram, kemudian tambahkan dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minumlah sebanyak 2 kali sehari.
  • Air Putih Hangat
Air hangat selain dapat membuat perut kita menjadi adem dan hangat ternyata memperbanyak meminum air hangat dapat menghilangkan batuk berdahak yang akan dibuatnya menjadi cair. Jika anda sedang batuk berdahak perbanyak minum air hangat.

Cara Ampuh Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Obat Tradisional

Demikian Obat Alami Meredakan Batuk Berdahak. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ampuh Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Obat Tradisional

0 komentar:

Poskan Komentar