Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut

Baking soda merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan ibu di dapur. Baking soda sendiri termasuk ke dalam jenis natrium bikarbonat, yaitu zat alami yang mengalami pengkristalan. Namun umumnya hadir dalam bentuk yang halus. Bahan ini juga bisa digunakan oleh banyak jenis olahan masakan.

manfaat baking soda untuk kecantikan

Menurut penelitian, baking soda memiliki banyak sifat yang baik, seperti antiseptik, antijamur, anti-inflamasi, dan antibakteri. Lebih dari itu, ternyata ada banyak manfaat baking soda untuk kecantikan yang tidak banyak didengar. Termasuk disebutkan juga mengenai keterkaitannya dengan rambut dan kulit. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut daftarnya untuk Anda.

Baking Soda Untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut

{1.} Memutihkan gigi yang kuning
Baking soda dapat menjadi alat abrasif ringan yang alami untuk mengikis noda kuning.  Baking soda juga bisa membantu menghilangkan plak, dengan cara menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri.

{2.} Melawan jerawat
Baking soda juga terkenal bisa membantu kulit melawan menghilangkan jerawat. Sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalam baking soda dipercaya bisa mengobati, sekaligus mencegah jerawat muncul. Selain itu, baking soda juga dapat membantu menyeimbankan pH kulit, sehingga dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat.

{3.} Meratakan warna kulit
Salah satu masalah kecantikan yang banyak diderita masyarakat salah satunya adalah warna kulit yang tidak merata. Di sini baking soda bisa mengatasinya, membuat kulit tampak lebih cerah dan mempesona. Baking soda sendiri diteliti bisa menjadi agen pengelupasan atau exfoliator alami terhadap sel-sel kulit mati.

{4.} Menghalau sunburn
Sifat basa pada baking soda dipercaya cocok untuk Anda yang saat ini sedang mendapat terpaan cuaca panas. Sifat tersebut diteliti bisa menenangkan kulit yang terbakar matahari. Termasuk juga membantu meringankan efeknya, seperti sensasi terbakar dan gatal. Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antiseptik dan pengeringan alami, sehingga lecet pada kulit yang terbakar bisa dikeringkan dengan cepat.

{5.} Menghilangkan ketombe
Manfaat lainnya dari baking soda adalah untuk menghilangkan ketombe. Serpihan putih yang biasa kita sebut ketombe bisa dihilangkan dengan mencucinya menggunakan air dan baking soda. Selain itu, kemampuan baking soda untuk menyeimbangkan pH juga baik untuk menjaga kesehaan kulit dan rambut kepala.

{6.} Menghilangkan bau badan
Jika Anda sedang mencari pengharum alami untuk menghilangkan bau badan atau tubuh, maka jawaban mudahnya adalah baking soda. Bahan dapur ini dipercaya bisa menyerap kelembapan serta keringat yang ada di kulit. Juga dengan sifat antibakterinya bisa membunuh bakteri yang menjadi salah satu sumber bau badan.

{7.} Menghilangkan jamur pada kuku
Jamur pada kuku membuat kuku tampak tidak terawat dan jelek. Di sini baking soda memiliki sifat alkali yang dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur, sehingga kemungkinan jamur untuk tumbuh di bawah kuku semakin kecil.

Kesimpulan
Dengan mengetahui beberapa manfaat baking soda untuk kecantikan di atas, Anda sekarang bisa menggunakan baking soda sebagai pengganti bahan-bahan atau produk yang bisa jadi harganya mahal. Anda juga bisa mencampur baking soda dengan bahan alami lainnya sesuai kebutuhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut