Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Mudah Bisnis Ternak Hewan Yang Menjanjikan

Saat ini, bisnis banyak digandrungi dan dicoba, baik oleh anak-anak muda maupun tua. Terlebih saat ini semua jenis bisnis sudah bisa dipelajari tanpa harus pergi ke sekolah. Buku, artikel, makalah, jurnal, hingga video sudah tersedia dan bisa dipelajari secara otodidak. Termasuk juga bisnis berkenaan dengan peternakan hewan.

tips mudah bisnis ternak hewan

Memang bisa dibilang bisnis ternak hewan adalah usaha yang sudah tua dan banyak pebisnis handal masuk ke dalamnya. Meski begitu, peluang untuk berhasil di bisnis ini tetaplah terbuka, bahkan oleh pemula sekalipun. Namun, tentunya Anda yang ingin terjun harus memiliki dahulu ilmu-ilmu mengenai bisnis ini. Misalnya saja dengan mengetahui tips mudah bisnis ternak hewan di bawah ini.

Tips Mudah Bisnis Ternak Hewan Yang Menjanjikan

{1.} Memilih jenis hewan
Tentu saja, untuk memulai bisnis ternak, Anda harus mengetahui dahulu, hewan apa yang akan dipilih. Anda bisa mencari tahu mengenai jenis-jenis hewan yang layak untuk dikembangbiakkan. Saat ini sendiri hewan-hewan yang diternak sangat banyak. Sebut saja ada sapi, kambing, ayam, jangkrik, cacing, hingga ulat. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi kita untuk bingung dalam memilih.

{2.} Mempelajari ilmu ternak
Setelah mengetahui hewan mana yang akan diternak, tips mudah bisnis ternak hewan bisa lanjut ke bagian ilmu-ilmu peternakan. Setiap hewan memiliki cara pengurusannya masing-masing. pelajari mulai dari desain tempat, perlengkapan makan, jenis makanan, waktu makan, dan sejenisnya.

{3.} Membuat tempat peternakan
Tempat bagi sapi berbeda dengan kambing dan berbeda pula dengan jangkrik. Sapi membutuhkan tempat yang sangat luas. Terlebih bila jumlah sapi sangat banyak. Sedangkan jangkrik kemungkinan hanya membutuhkan tempat dalam bentuk persegi panjang dengan panjang kurang lebih 3 meter dan bisa diperbanyak sesuai kebutuhan.

Anda juga harus ingat bahwa beberapa jenis hewan membutuhkan tempat dengan suhu ruang yang cocok, apakah itu kering atau lembap. Peternak juga harus mengetahui komponen-komponen di dalamnya. misalnya saja jerami untuk ayam, rumput untuk kambing, kapas untuk semut jepang, dan lain sebagainya.

{4.} Mempersiapkan modal
Semua jenis bisnis tentunya membutuhkan modal, besar ataupun kecil dan dalam bentuk yang bermacam-macam, entah itu dalam bentuk furnitur, bangunan, dan uang. Anda bisa menyesuaikan modal dengan jenis hewan yang akan diternak. Pada umumnya bisnis ternak tidak memiliki risiko kerugian yang besar, karena kerusakan atau kematian bisa dihindari sebaik mungkin dengan perawatan yang baik.

Namun tetap, sebaiknya siapkan modal beberapa kali lipat. Terlebih bila Anda adalah peternak pemula dan tidak memiliki dasar yang kuat terhadap ilmu ternak hewan yang dimaksud.

{5.} Fokus pemeliharaan
Hasil dari beternak hewan pada umumnya belum akan terasa kecuali setelah beberapa bulan, tergantung masa berkembangbiak hewan tertentu atau bisa juga tergantung waktu-waktu tertentu, misalnya saja hari raya kurban tiba. Oleh sebab itu, pada masa-masa awal, hindari berpikir tentang hasil, tapi fokus pada pemeliharaan. Jaga hewan agar tidak mengalami sakit, stres, ataupun kematian.

Baca juga

Kesimpulan
Kegagalan dalam berternak hewan bisa sangat terjadi. Namun bila modal, pengetahuan beternak, dan pemilihan tempat bisa dipersiapkan dengan baik, maka risko-risoko buruk dapat dengan mudah dihindari. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda para pemula untuk menerapkan dengan baik tips mudah bisnis ternak hewan di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mudah Bisnis Ternak Hewan Yang Menjanjikan