Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Rahasia Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Yang Luar Biasa

Alpukat adalah buah yang umumnya berwarna hijau, berbentuk seperti buah pir, dan memiliki biji yang cukup besar. Rasa dari buah ini pun sangat lezat. Meskipun tidak terlalu manis, namun teksturnya yang lembut membuatnya nyaman di mulut. Buah ini juga dipercaya baik untuk kesehatan, seperti dapat mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol, melawan obesitas, stroke, hingga penyakit jantung.

manfaat alpukat untuk kecantikan

Selain itu, ternyata alpukat juga sangat baik untuk kecantikan tubuh manusia. Dengan kandungan nutrisi yang kaya, mulai dari kalium, protein, berbagai jenis vitamin (seperti A, B6, C, E, dan K), folat, zat besi, serat, fosfor, magnesium, dan tembaga membuatnya baik untuk kulit, rambut, dan bagian-bagian kecantikan tubuh lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan mengenai manfaat alpukat untuk kecantikan berikut ini.

Rahasia Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Yang Luar Biasa

{1.} Memelihara kulit kering
Buah alpukat dapat dijadikan produk alami untuk melembapkan dan melembutkan kulit yang kering. Kandungan asam lemak pada alpukat dapat dengan mudah menembus kulit dan membuat kulit kembali lembap.

Untuk cara penggunaannya sendiri bisa dengan dikonsumsi secara teratur atau dibuat menjadi krim. Metodenya dengan melembutkan 1-2 buah alpukat dengan garpu. Tambahkan sedikit madu, lalu oleskan ramuan ke seluruh wajah untuk dijadikan masker. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu.

{2.} Memperlambat proses penuaan
Kandungan antioksidan dan senyawa-senyawa lainnya yang bersifat anti-penuaan pada alpukat dapat membantu melawan penuaan dini, sehingga kulit terlihat selalu muda. Alpukat juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit lebih kencang dan elastis. Buah ini juga bahkan bisa meningkatkan kecepatan regenerasi sel dan sirkulasi. Untuk penggunaannya bisa dengan dikonsumsi ataupun dibuat ekstraknya menjadi minyak.

{3.} Merawat rambut yang rusak
Kandungan protein, vitamin, dan lemak sehat pada alpukat dapat menjaga kelembapan batang rambut dan merangsang pertumbuhannya. Alpukat juga cocok untuk merawat rambut yang sulit diatur, semisal rambut keriting.

Anda bisa membuat alpukat menjadi bubur. Setelah itu, tambahkan 1 sdt minyak gandum dan jojoba. Selanjutnya, oleskan ramuan ke rambut yang basah, dari ujung sampai akar. Diamkan 30-40 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 1-2 kali seminggu.

{4.} Memudarkan bekas luka
Bekas luka, seperti eksim, jerawat, luka bakar ringan, ataupun goresan sangat mengganggu penampilan, terlebih bila ada di bagian wajah. Di sini alpukat bisa membantu tubuh memudarkan bekas-bekas luka tersebut. Caranya dengan membuat bubur dari campuran 1/2 buah alpukat, 1/2 lemon (jus), dan beberapa kapsul vitamin E. Setelah itu, terapkan pada kulit yang sudah dicuci dengan air hangat. Lakukan sembari dipijat hingga kering, lalu bersihkan dengan air hangat. Metode ini bisa diterapkan sebanyak 3-4 kali seminggi.

Baca juga

Kesimpulan
Memiliki tubuh yang cantik memang idaman manusia, terutama wanita. Untuk itu, semoga manfaat alpukat untuk kecantikan di atas bisa Anda coba terapkan dengan baik dan tentunya berhasil. Selain keempat poin di atas, sebenarnya ada beberapa lagi manfaat alpukat yang bisa dirasakan, seperti meningkatkan kompleksi kulit, mengurangi keriput, melembutkan kulit yang kasar, serta manfaat-manfaat lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rahasia Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Yang Luar Biasa