Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Sebagian orang ketika meletakkan kepalanya di atas bantal sangat mudah untuk tidur. Namun, sebagian lainnya mengalami kesulitan. Bahkan tidak sedikit saat ini orang yang mengalami masalah tidur yang biasa disebut insomnia. Bila tidak tidur saat malam hari disebabkan oleh hal-hal yang penting, tidaklah masalah. Namun jika karena malas, bergadang, atau melakukan hal yang sia-sia, tentu saja buruk untuk kesehatan.

makanan untuk meningkatkan kualitas tidur

National Sleep Foundation sendiri menyarankan untuk kita tidur sebanyak 7-9 jam per malam. Sayangnya, rata-rata manusia hanya tidur sekitar 6 jam. Padahal, kita tahu sebelumnya bahwa tidur malam memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini, Anda diajak utuk mengetahui beberapa makanan untuk meningkatkan kualitas tidur. Terlebih bagi Anda yang memiliki waktu tidur yang buruk.

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik

{1.} Ceri
Kandungan melatonin pada ceri dipercaya bisa membantu mengontrol jam internal tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Experimental Botany, disebutkan bahwa dengan mengonsumsi segenggam ceri bisa membantu orang tersebut untuk tidur lebih baik.

{2.} Susu
Konsumsi susu hangat sebelum tidur juga dipercaya bisa membantu tidur lebih cepat dan lelap. Kandungan triptofan dan serotonin dapat membantu Anda hanyut dengan mudah di malam hari. Kalsium pada susu juga bisa membantu mengurangi stres dan menstabilkan serabut saraf, termasuk yang ada di otak.

{3.} Beras melati
Beras asal Thailand ini menurut sebuah penelitian yag dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition bisa membantu membuat orang yang mengonsumsinya tidur lebih cepat daripada beras lain. Dengan mengonsumsi beras malati, tubuh bisa memproduksi triptofan dan serotonin jauh lebih tinggi, sehingga dapat mendorong tidur cepat.

{4.} Pisang
Buah kuning ini dipercaya memiliki relaksan otot alami, yaitu berasal dari kalium dan magnesium yang dapat mempromosikan tidur. Pisang juga kaya akan vitamin B6, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon melatonin yang dapat menginduksi tidur. Pisang juga kaya akan karbohidrat yang dapat membantu membuat Anda tidur lebih cepat.

{5.} Tuna
Tuna juga memiliki triptofan, sehingga bisa menginduksi tidur. dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Annals of the New York Academy Sciences, disebutkan bahwa kandungan vitamin B6 yang tinggi pada tuna bisa membantu tubuh memproduksi serotonin dan melatonin. Serotonin sendiri merupakan neurotransmitter yang dapat mempromosikan relaksasi. Sedangkan melatonin merupakan hormon yang dapat mempromosikan tidur. Kurangnya vitamin B6 bahkan dihubungkan dengan timbulnya insomnia.

{6.} Kacang almond
Anda juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi otot dengan mengonsumsi kacang almond, dikarenakan kandungan magnesiumnya. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Orthomolecular Medicine, disebutkan bahwa kadar magnesium yang rendah bisa membuat seseorang sulit untuk tidur.

Baca juga

Kesimpulan
Dengan memilih salah satu dari makanan untuk meningkatkan kualitas tidur di atas, setidaknya Anda bisa tidur lebih lelap meskipun hanya beberapa jam saja. Karena bukan saja kuantitas waktu yang penting dalam tidur, namun juga kualitas. Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan trsebut dibarengi dengan berolahraga dan menghindari beraktivitas tidak penting di malam hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik