Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Konsumsi Makanan Untuk Mengatasi Jerawat Ini Setiap Hari

Salah satu masalah yang umum diidap para remaja adalah jerawat. Bila tidak dirawat dengan baik, bisa jadi jerawat tersebut melebar dan tubuh subur, sehingga semakin sulit untuk disembuhkan. Lebih lagi bila aktivitas sehari-hari yang keras ataupun kurangnya kepedulian untuk hidup bersih. 

makanan untuk mengatasi jerawat

Jerawat sendiri dalam bahasa medis disebut dengan nama Acne Vulgaris. Biasanya disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang tersumbat pada folikel rambut bersamaan dengan minyak alami. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan hidup sehat. Misalnya saja dengan mengonsumsi makanan untuk mengatasi jerawat berikut ini.

Konsumsi Makanan Untuk Mengatasi Jerawat Ini Setiap Hari

{1.} Bluberi
Dalam sebuah tes laboratorium yang dilakukan oleh para peneliti USDA, disebutkan bahwa bluberi memiliki ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) tertinggi di antara 20 buah lainnya. ORAC sendiri merupakan ukuran kapasitas antioksidan dari sebuah makanan.

Dari tes tersebut, dapat disimpulkan bahwa bluberi kaya akan antioksidan, sedangkan antioksidan sendiri baik untuk tubuh, termasuk untuk melawan jerawat. Selain itu, bluberi juga mengandung pektin yang dapat menghilangkan racun pada usus (salah satu penyebab jerawat).

{2.} Wortel
Wortel adala salah satu sumber makanan yang rendah glikemik, namun tinggi beta-karoten. Nantinya beta-karoten dapat dikonversi menjadi vitamin A. Sedangkan vitamin A sendiri dipercaya baik untuk melawan jerawat, yang mungkin dikarenakan sifat anti-inflamasi dan pengatur produksi sebum. Wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat detoksifikasi.

{3.} Daun selada
Daun seleda, khususnya selada romaine yang cukup terkenal di dunia dipercaya dapat membantu mengontrol dan mencegah jerawat. Hal tersebut disebabkan kandungan kromium di dalamnya yang tinggi. Kromium sendiri terbukti dapat mengontrol kadar gula darah, sehingga produksi minyak dapat lebih normal.

{4.} Apel
Apel mengandung pektin, senyawa sejenis serat yang dapat membantu menyerap racun di dalam usus, sehingga bukan saja dapat mengobati jerawat, namun juga mencegahnya datang kembali. Selain itu, apel juga kaya akan bioflavonoid dan vitamin yang penting untuk kulit.

{5.} Sawi hijau
Kandungan beta-karoten yang tinggi pada sawi membuatnya cocok dijadikan obat alami melawan jerawat. Sawi sendiri dipercaya memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu mengontrol produksi sebum, sehingga kulit tidak terlalu berminyak. Sawi hijau juga memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulit.

{6.} Daun ketumbar
Sama seperti sawi hijau, daun ketumbar atau peterseli juga kaya akan beta-karoten dan vitamin E yang cocok untuk dijadikan makanan anti-jerawat. Daun ketumbar juga dipercaya dapat membantu melawan radikal bebas, memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba, sehingga kulit dapat terjaga kesehatannya secara menyeluruh.

Baca juga 

Kesimpulan
Sebagian orang dapat dengan mudah mengatasi jerawat dan sebagian lainnya terlihat kesulitan untuk melawannya. Namun lebih daripada itu, setiap dari kita memang seharusnya menjaga kulit tetap sehat, entah itu memiliki jerawat atau tidak. Oleh sebab itu, ada baiknya makanan untuk mengatasi jerawat di atas Anda konsumsi setiap hari, meskipun jerawat sudah hilang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Konsumsi Makanan Untuk Mengatasi Jerawat Ini Setiap Hari