Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Dengan Sangat Mudah

Cara meningkatkan sinyal wifi » Dalam kehidupan sehari-hari gadget dan internet saat ini sudah sangat sulit untuk dipisahkan. Terlebih lagi gaya hidup manusia saat ini yang terkesan sudah saling terhubung meskipun jarak memisahkan. Oleh sebab itu, tidak salah bila para ahli banyak mengembangkan sumber-sumber internet untuk masyarakat dunia. Salah satunya adalah wifi yang saat ini banyak tersedia di tempat-tempat umum. 
 
cara meningkatkan sinyal wifi
 
Dengan wifi para pemilik gadget dapat berinternet ria dengan jarak yang bisa cukup jauh dari router. Hanya saja, di Indonesia sendiri sinyal wifi terkadang sangat jelek. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini, kita akan membeberkan bagaimana kiat-kiat atau cara meningkatkan sinyal wifi yang bisa dicoba dengan mudah. 
 
Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Dengan Sangat Mudah
 
{1.} Mengubah posisi router ataupun gadget
Lokasi, terutama jarak antara router dan gadget Anda bisa mempengaruhi sinyal wifi. Oleh sebab itu, cobalah ubah lokasi router ke area yang lebih dekat dengan gadget Anda. Selain itu, router sebaiknya berada di tempat yang tinggi, semisal di dinding ataupun tiang. 
 
Jika router tidak bisa dipindahkan, maka Anda dan gadget Anda yang harus berpindah dan mencari lokasi paling strategis. Selain itu, hindari barang-barang elektronik yang sekiranya dapat mengganggu sinyal, semisal microwave dan beberapa jenis telepon rumah.
 
{3.} Melakukan proteksi 
Salah satu penyebab lemahnya sinyal atau bahkan tidak cepatnya akses internet melalui wifi adalah karena terlalu banyaknya pengguna wifi pada router tersebut. Banyaknya pengguna bisa disebabkan karena wifi tidak diproteksi, sehingga siapa saja bisa menggunakannya. Oleh sebab itu, biasakan untuk melakukan proteksi dengan memberikan password yang hanya orang-orang tertentu saja yang tahu.
 
{3.} Menggunakan alat penguat sinyal
Saat ini, ada beberapa alat modern yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal. Misalnya saja Repeater. Nantinya Wifi Repreater ini akan menghubungkan sinyak wifi dari router ke alat tersebut, sehingga jangkauan sinyal akan lebih luas. 
 
Selain itu, ada pula yang namanya DD-WRT Firmware. Sebenarnya ini bukan alat keras, melainkan aplikasi yang berguna untuk meretas router, sehingga sinyal akan memancar jauh lebih tinggi. 
 
Anda juga bisa membuat penguat sinyal menggunakan kaleng bekas. Caranya dengan memotong kaleng bekas tersebut dan ambil bagian badannya. Bentuk seperti antena dan letakkan pada panel router. Selain kaleng, Anda juga bisa menggunakan alumunium foil dan tutup panci kecil. 
 
{4.} Gunakan wifi dengan bijak 
Router pada dasarnya sama saja dengan barang-barang elektronik lainnya, semisal komputer dan smartphone. Berlebihan menggunakan wifi akan membuat router panas dan pada akhirnya performa akan menurun. Untuk itu, gunakan wifi secara bijak. Hindari penggunaan berlebihan, semisal terlalu lama menonton streaming ataupun melakukan unduh dengan torrent. 
 
 
Kesimpulan 
Dengan menerapkan cara meningkatkan sinyal wifi di atas, Anda sebagai pengguna gadget akan lebih nyaman dalam berinternet. Namun, jika cara-cara di atas ternyata masih belum dapat memecahkan masalah Anda, mungkin Anda harus menghubungi operator untuk mendapat bantuan, mengganti broadband, atau mungkin Anda harus mengganti router.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Dengan Sangat Mudah