Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Masalah Pencernaan Dengan Metode Alami

Pencernaan memiliki fungsi yang krusial di dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya sendiri sebagai alat untuk menyerap nutrisi penting dan penyaring limbah dari produk-produk (makanan dan minuman) yang masuk. Sejalan dengan pentingnya peran pencernaan, masalah-masalah yang menghinggapinya pun sangatlah banyak, mulai dari kembung, diare, mulas, sembelit, intoleransi laktosa, intolernsi makanan, radang usus, divertikulitis, dan masih banyak lagi.

cara alami mengobati masalah pencernaan

Penyebabnya pun sangatlah bervariasi dan bersifat umum, seperti karena kurangnya menjaga kebersihan, pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, merokok, dehidrasi, stres, kurang tidur, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi semua itu, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan metode-metode alami (herbal), seperti yang ada pada daftar cara alami mengobati masalah pencernaan berikut ini.

Cara Alami Mengobati Masalah Pencernaan Dengan Metode Alami

{1.} Jahe
Jahe sudah terkenal sejak zaman dahulu baik untuk pencernaan, mengatasi kembung, diare, muntah, dan mual. Jahe juga dapat merangsang cairan pencernaan dan aliran enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Selain itu, bumbu dapur ini juga memiliki sifat antivirus, antibakteri, anti-inflamasi, karminatif yang baik untuk pencernaan.

Anda sendiri bisa mengonsumsi 2-3 cangkir jahe setiap hari. Cara membuatnya dengan mencampurkan 1 sdt parutan jahe dengan 1 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu mentah sesuai selera.

{2.} Peppermint
Peppermint memiliki sifat karminatif, anti-inflamasi, antispasmodic yang baik utuk pencernaan, termasuk untuk melawan berbagai masalah perut, seperti kram usus, kembung, mual, dan muntah. Bahkan menurut sebuah studi pada tahun 2007 yang diterbitkan oleh jurnal Digestive and Liver Diseases, disebutkan bahwa peppermint dapat membantu mengobati masalah sindrom iritasi usus.

Untuk penerapan cara alami mengobati masalah pencernaan ini bisa dengan dikonsumsi sebanyak 1-2 kali sehari. Anda juga bisa memasukkan daun peppermint kering ke dalam teh panas. Selain itu, daun peppermint juga bisa dikonsumsi secara langsung.

{3.} Cuka sari apel
Cuka apel memang sudah terbukti dapat mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit, termasuk juga penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti kembung, sakit perut, dan mulas. Meski memiliki efek asam yang alami, cuka sari apel juga memiliki efek alkalizing.

Sedangkan untuk penerapannya bisa dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel mentah dengan secangkir air hangat. Tambahkan sedikit madu mentah, lalu konsumsi 2-3 kali sehari.

{3.} Lidah buaya
Efek pencahar yang kuat pada lidah buaya membuatnya baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Aloe vera juga mengandung senyawa bernama polisakarida yang dapat membantu mengobati gangguan pencernaan, semisal radang perut. Selain itu, tanaman berduri ini juga memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, antivirus, dan antijamur, yang dapat membantu menenangkan iritasi dan peradangan yang ada di saluran pencernaan.

Untuk penerapannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air atau jus jeruk dengan 2 sdm gel lidah buaya. Aduk dengan sendok ataupun blender, lalu konsumsi setiap pagi hari ketika perut masih kosong.

Baca juga

Kesimpulan
Dengan menerapkan cara alami mengobati masalah pencernaan di atas, kita sudah berusaha untuk tidak berbanyak-banyak dalam menggunakan obat-obatan kimia. Efek negatif dari penggunaan bahan herbal juga cenderung lebih sedikit, sehingga lebih aman dan menenangkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Masalah Pencernaan Dengan Metode Alami