Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Sukses Berjualan di Marketplace Online Supaya Laris

Saat ini, pasar jual beli sudah beralih lebih modern dan instan, yaitu melalui media online. Hal tersebut dibuktikan oleh menjamurnya marketplace online dengan pertumbuhan yang luas nan cepat. Misalnya saja yang terkenal ada Buka Lapak, Tokopedia, OLX, Elevenia, dan masih banyak lagi.

tips sukses berjualan di marketplace online

Melihat hal tersebut, tentu tidak salah jika Anda sebagai pebisnis, baik pemula ataupun profesional untuk mengambil peluang tersebut dan mencoba ikut berjualan. Namun tentu hal tersebut tidaklah mudah. Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini Anda diajak untuk mengetahui sedikit tips sukses berjualan di marketplace online.

Tips Sukses Berjualan di Marketplace Online Supaya Laris

{1.} Menyiapkan produk
Tentu saja, dalam bisnis ini, Anda harus memiliki produk yang akan dijual, terlepas apakah Anda adalah seorang produsen, reseller, ataupun dropshiper. Pastikan produk yang Anda pasang pada marketplace tersebut ada dan siap kirim, sehingga tidak membuat calon pembeli kecewa. Jika Anda belum memiliki produk, maka lakukan dahulu penelitian pasar. Cari tahu apa yang sekiranya cocok untuk Anda jual. Selain itu, perhatikan juga jumlah stock barang yang ingin Anda siapkan.

{2.} Menyiapkan foto, judul, deskripsi, dan penawaran yang menarik
Bukan hal yang mudah untuk membuat calon pembeli percaya pada Anda sebagai penjual. Terlebih jika produk yang Anda jajakan adalah produk umum, dengan persaingan yang ketat. Namun begitu, Anda tetap bisa berusaha dan salah satunya dengan menampilkan profesionalitas dalam menyajikan gambaran dari produk yang akan Anda jual. Semakin berkualitas foto dari produk, kelengkapan judul dan deskripsi produk, serta penawaran yang menjual, maka peluang adanya pembelian akan semakin besar.

{3.} Komunikasi yang baik dan cepat
Selanjutnya tips sukses berjualan di marketplace online adalah karena Anda sebagai penjual tidak dapat bertemu muka secara langsung dengan pembeli, maka gunakan kekuatan komunikasi berupa tulisan ataupun suara semaksimal mungkin. Berikan service yang maksimal, santun, dan cepat. Jangan membuat pembeli marah ataupun menunggu.

{4.} Perhatikan harga
Karena saat ini web-web marketplace online memiliki jumlah pengguna yang banyak, maka bukan tidak mungkin ada orang lain yang menjual barang serupa dengan Anda. Jika spesifikasi dari produknya sama dengan produk Anda, namun dengan harga yang lebih murah, maka pesaing Anda tersebut akan menang. Oleh sebab itu, cobalah melakukan penelitian mengenai harga umum produk Anda tersebut di banyak toko online dan marketplace.

{5.} Lakukan promosi
Meskipun Anda menjual produk di marketplace online dengan jumlah pengunjung yang besar, penjualan belum tentu dapat terjadi. Untuk itu, dibutuhkan jangkar dan pendukung, berupa promosi yang luas dan berkesinambungan. Anda bisa coba memasarkan link toko pada marketplace tersebut di media sosial, media-media offline, blog atau web, forum, dan lain sebagainya.

Baca juga

Kesimpulan
Dari tips sukses berjualan di marketplace online di atas, Anda bisa mengambil satu atau lebih metode tersebut, lalu menerapkannya sekarang juga. Inti dari berbisnis jual beli secara online pada marketplace adalah kecepatan, kesabaran, dan ketelitian. Anda juga harus bisa memberikan penawaran yang tidak biasa dan membuat orang terangsang untuk memilih Anda daripada yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Sukses Berjualan di Marketplace Online Supaya Laris