Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Memulai Bisnis Warung Internet Untuk Pemula

Warung internet atau warnet saat ini menjadi suatu kebutuhan, sejalan dengan terus berkembangnya ilmu teknologi dan komunikasi melalui jaringan internet. Warnet sendiri seperti namanya merupakan warung atau tempat yang menyediakan persewaan komputer untuk memudahkan pelanggan dalam menggunakan internet, browsing, atau mungkin sekedar mengerjakan suatu tugas.

tips memulai bisnis warung internet

Dari perkembangan zaman yang menuntut setiap orang untuk dapat terhubung ke internet, membuat warnet sangat cocok untuk dijadikan lahan bisnis hari ini. Anda bisa coba melakukan manajemen dan persiapan untuk memulai. Agar lebih jelas, mari simak pembahasan mengenai tips memulai bisnis warung internet berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Warung Internet Untuk Pemula

{1.} Persiapan tempat
Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan tempat. Luas tempat tergantung dari banyaknya komputer yang akan Anda beli, ditambah satu lokasi untuk admin dan tempat lainnya, seperti wc dan peralatan tambahan. Selain itu, perhatikan juga lokasinya. Sebaiknya cari lokasi strategis, seperti di dekat sekolah, kampus, ruang bermain anak muda, dan sejenisnya.

{2.} Persiapan komputer dan peralatan tambahan
Belilah beberapa komputer dalam bentuk paket, agar harganya lebih murah. Selain itu, Anda harus bisa memilih CPU yang cocok dengan kebutuhan. Bila hanya untuk akses internet dan office, tidak memerlukan spesifikasi besar. Namun jika ditambah game, maka spesifikasi harus benar-benar cocok, agar nyaman digunakan. Beli pula mouse , mouse pad, kursi, meja, headset, modem untuk mengakses internet, dan lainnya.

{3.} Lakukan promosi
Jika semuanya sudah dapat digunakan, Anda bisa melakukan promosi agar warnet dapat diterima dan diketahui orang-orang. Promosi pertama dengan membuat branding, seperti membuat nama, menempatkan spanduk, brosur promo diskon, poster-poster game (bila perlu), dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan pula untuk harga, agar bisa tetap bersaing dengan warnet-warnet lain.

{4.} Perawatan berkala
Selanjutnya tips memulai bisnis warung internet adalah jangan lupa juga untuk melakukan perawatan atau maintance. Bersihkan komputer yang bervirus dan juga bersihkan bagian fisiknya, agar tidak ada debu atau kotoran melekat. Perbaiki pula perangkat yang rusak, seperti tombol keyboard, mouse, ataupun masalah speaker.

{5.} Aktif dengan pengguna
Agar pengguna lebih betah berada di warung internet Anda, ada baiknya Anda sebagai admin atau operator bersikap lebih dekat bersama pelanggan. Misalnya dengan banyak memberikan promosi, mengajak mereka mengikuti turnamen dalam game online, atau sekedar bermain bersama.

{6.} Menjual produk lain
Selain menyewakan komputer, sediakan juga apa-apa yang dibutuhkan pengguna. Misalnya Anda bisa menjual jajanan, minuman, voucher, majalah, printing, dan sejenisnya. Namun untuk melakukan ini, Anda membutuhkan tempat khusus, meja, ataupun lemari pendingin.

Baca juga

Kesimpulan
Perlu diingat untuk jangan hanya terpaku pada tips memulai bisnis warung internet di atas. Karena untuk memulai bisnis ini ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Terutama dalam masalah keuangan yang harus diatur dengan baik. Jika keuangan baik, maka beberapa poin di atas dapat berjalan pula dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memulai Bisnis Warung Internet Untuk Pemula