Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Memulai Bisnis Bimbingan Belajar Supaya Berjalan Sukses

Bimbingan belajar atau bimbel (les) merupakan suatu bisnis yang saat ini sedang banyak dipilih. Target pemasarannya bisa beragam, baik itu anak berusia dini hingga tingkatan mahasiswa dan pekerja. Selain itu, mata pelajaran yang diberikan juga bisa berbeda-beda, tergantung jasa bimbel itu sendiri.

tips memulai bisnis bimbingan belajar

Dalam sisi bisnis, bimbingan belajar bisa sangat menjanjikan. Terlebih saat ini orang tua sudah sadar akan pentingnya ilmu bagi anak-anak mereka, sehingga peningkatan ilmu dari pengajar non formal sangat dicari. Oleh sebab itu, tidak salah jika Anda memulai bisnis ini, dengan mempelajari terlebih dahulu tips memulai bisnis bimbingan belajar berikut.

Tips Memulai Bisnis Bimbingan Belajar Supaya Berjalan Sukses

{1.} Tentukan mata pelajaran dan guru
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mata pelajaran yang akan diberikan. Anda bisa memilih semua jenis mata pelajaran atau tertentu saja. Anda juga bisa membuat paket mata pelajaran tergantung waktu. Misalnya menjelang UN, Anda bisa membuka bimbel khusus mata pelajaran utama.

Setelah ditentukan, Anda bisa mencari guru yang berkompeten. Dalam skala kecil, bisa jadi Anda adalah gurunya dan mata pelajaran yang diajarkan hanya terbatas apa yang Anda mampu. Namun bimbil berukuran besar haruslah menggunakan orang-orang yang bukan saja ahli, namun juga memiliki ilmu dalam bidang keguruan.

{2.} Tentukan subyek dan kelompok usia
Tips lainnya yang harus Anda perhatikan adalah masalah target pemasaran. Anda harus menentukan usia berapa yang dapat masuk ke bimbel tersebut. Lebih mudahnya, Anda bisa tentukan melalui kelas. Misalnya target Anda adalah anak SD, SMP, dan SMA. Bisa juga target Anda mahasiswa atau mungkin anak TK.

{3.} Lokasi strategis
Lokasi sebenarnya tidaklah terlalu penting dalam membuat bisnis bimbel. Namun tentunya secara logika, bila bimbel jauh dari target pasar, maka akan lebih sedikit orang yang menginginkannya ataupun mengetahuinya.

Oleh sebab itu, tips memulai bisnis bimbingan belajar menjadi penting bagi Anda untuk memilih lokasi yang berdekatan dengan subyek (misalnya berdekatan dengan sekolah, kampus, kantor). Jalurnya pun sebaiknya mudah dilalui dan memiliki fasilitas yang memadai.

{4.} Mengatur harga
Harga penting dalam bisnis les ini. Sedangkan penerapannya sendiri tergantung dari siapa yang mengajar, mata pelajaran, subyek yang diajar, waktu, dan fasilitas. Umumnya bimbel independen atau perseorangan bisa sampai 200 ribu sekali pertemuan, bahkan per jam. Ada pula paket-paket bimbel per tahun atau per semester.

{5.} Promosi
Tentu saja, agar bimbingan belajar yang Anda bangun dapat dikenali, Anda harus melakukan promosi dengan menerapkan ilmu marketing. Dalam hal ini, metode pertama yang bisa Anda lakukan adalah membangun branding, seperti logo, visi dan misi, bonus-bonus, kelebihan, dan sejenisnya. Setelah itu, buatlah iklan, misalnya dalam bentuk brosur, famplet, ataupun iklan baris.

Baca Juga

Kesimpulan
Setelah mengetahui tips memulai bisnis bimbingan belajar di atas, tentunya mindset Anda mengenai bisnis ini akan lebih terbuka. Namun, tentu saja masih ada banyak hal yang harus dipersiapan. Terlebih bila Anda membuka tempat les berukuran besar nan luas, sehingga masalah finansial dan strategi pemasaran perlu diperhatikan dengan matang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memulai Bisnis Bimbingan Belajar Supaya Berjalan Sukses