Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Tetap Kuat dan Sehat

Tulang memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Selain sebagai pelindung organ-organ dalam dan jangkar bagi otot, tulang juga berfungsi untuk membentuk struktur tubuh, menjaga kualitas postur, keseimbangan, dan kekuatan. Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

makanan untuk menjaga kesehatan tulang

Tulang sendiri pada umumnya membutuhkan banyak nutrisi yang biasa dikonsumsi oleh manusia sehari-hari. Misalnya saja magnesium, kalsium, kalium, protein, beta-karoten, dan vitamin. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari suplemen. Namun ada cara lebih mudah, yaitu dengan mengonsumsi satu atau lebih makanan untuk menjaga kesehatan tulang di bawah ini.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Tetap Kuat dan Sehat

{1.} Susu
Jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, maka kalsium adalah salah satu nutrisi utama yang harus Anda konsumsi. Di sinilah susu menjadi bahan yang baik untuk mendapatkan kalsium. Selain itu, susu juga merupakan sumber magnesium, kalium, riboflavin, fosfor, dan vitamin (D dan B12). Semua nutrisi tersebut penting untuk tulang.

Untuk cara konsumsinya sendiri, orang dewasa dapat meminum 2 gelas susu setiap hari. Sedangkan untuk anak-anak dan remaja bisa lebih banyak dari itu. Jenis susunya pun bisa beragam, entah itu skim ataupun susu rendah lemak. Anda juga bisa mengolah susu menjadi jus ataupun milkshake.

{2.} Keju
Bukan hanya susu, keju juga salah satu makanan untuk menjaga kesehatan tulang yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, keju juga mengandung vitamin D, A, B12, magnesium, kalium, fosfor, riboflovin, dan protein. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

{3.} Yogurt
Bahan makanan untuk menjaga kesehatan tulang yang ketiga yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tulang adalah yogurt. Selain lezat, yogurt juga kaya akan kalsium, vitamin A, B12, kalium, riboflovin magnesium, protein, dan fosfor. Anda sendiri bisa mengonsumsi segelas yogurt setiap hari.

{4.} Sarden
Ikan sarden merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Sarden juga kaya akan asam lemak omega-3, vitamin B12, dan fosfor yang penting bagi tulang. Anda bisa mengonsumsi ikan sarden dengan berbagai cara, entah itu digoreng, dibuat salad, pasta, dan lain sebagainya.

{5.} Bayam
Selain ikan, Anda juga sebaiknya mengonsumsi sayur, terutama bayam. Sayur bayam kaya akan kalium, zat besi, vitamin A, K, dan C, serat, serta magnesium. Anda bisa menjadikan bayam sebagai sayur hangat sembari dicampur dengan jenis sayur lainnya.

{6.} Biji wijen
Makanan yang sehat untuk tulang juga datang dari keluarga biji-bijian, yaitu wijen. Kandungan Vitamin K dan D, serta fosfor, magnesium, dan kalisum yang terdapat di dalamnya membuat biji wijen cocok dikonsumsi sehari-hari. Anda bisa mengolah biji ini bersama dengan makanan lainnya.

Baca juga

Kesimpulan
Sebenarnya, selain beberapa makanan untuk menjaga kesehatan tulang di atas, masih ada banyak lagi makanan yang cocok dikonsumsi sehari-hari agar menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Namun yang terpenting adalah konsistensi Anda dalam mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Tetap Kuat dan Sehat