Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Daftar Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan bola asimetris dengan diameter sekitar 1 inci. Mata bukanlah organ manusia yang sederhana. Dalam banyak penelitian, mata terbagi menjadi beberapa komponen, seperti iris, kornea, pupil, sclera, dan konjungtiva. Sebagai alat penglihatan, mata sangatlah krusial dan rawan. Oleh sebab itu, dibutuhkan usaha untuk menjaganya, baik dari luar maupun dalam.

makanan untuk menjaga kesehatan mata

Untunglah penciptaan manusia memiliki sebab dan musababnya. Setiap dari kita tentunya tahu bahwa mata dapat mengalami masalah kesehatan. Misalnya saja rabun dekat, rabun jauh, distorsi, katarak, dan lain sebagainya. Di lain pihak, ada cara-cara yang bisa dilakukan agar semua itu dapat dicegah atau setidaknya dikurangi. Di antaranya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata. Seperti pada daftar berikut ini.

Daftar Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

{1.} Bayam
Bayam terkenal sejak lama baik untuk mata. Nutrisi yang terkandung di antaranya adalah vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Ketiga nutrisi ini sangat baik untuk mata. Vitamin A dapat membantu melindungi kornea, lutein berfungsi melindungi mata dari sinar ultraviolet, dan zeaxanthin dapat membantu mengembangkan visual dari organ mata. Anda sendiri bisa mengolah bayam menjadi jus ataupun sayur.

{2.} Wortel
Tidak bsia dipungkiri, jika berhubungan dengan kesehatan mata, wortel selalu ada terdepan. Wortel sendiri menurut peelitian mengandung banyak beta-karoten, yang terkenal sebagai prekursor dari vitamin A. Sedangkan vitamin A memiliki banyak manfaat bagi mata, seperti mencegah rabun senja, menjaga kornea, dan melindungi sel-sel mata. Wortel juga memiliki lutein, yang dapat membantu meningkatkan kepadatan pigmen makula dalam, yang berada di dekat pusat retina. Hal tersebut menjelaskan bahwa wortel dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

{3.} Ikan salmon
Salmon merupakan makanan untuk menjaga kesehatan mata dan terkenal akan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Menurut penelitian, nutrisi tersebut dapat mencegah mata kering dan degenerasi makula terkait dengan usia. Para ahli juga menuturkan untuk membiasakan mengonsumsi 2 porsi salmon setiap minggu. Anda bisa membuat salmon menjadi salad, sup, atau yang lainnya. Selain salmon, ikan tuna, mackerel, dan sarden bisa menjadi pilihan.

{4.} Ubi jalar
Selain mengenyangkan, ternyata ubi jalar juga kaya akan vitamin A, sehingga cocok untuk meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah katarak. Bahkan juga dapat dijadikan makanan untuk mencegah glaukoma dan degenerasi makula. Ubi jalar juga kaya akan kalium, beta-karoten, dan serat. Anda bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara direbus, goreng, panggang, ataupun bakar.

{5.} Kacang kenari
Selain ikan laut, keluarga kacang, seperti kacang kenari, almond, hazelnut, dan pecan juga kaya akan asam lemak omega-3, yang baik untuk mata. Kacang kenari juga mengandung nutrisi berupa zinc, antioksidan, dan vitamin E yang baik untuk tubuh secara keseluruhan.

{6.} Brokoli
Brokoli memiliki kandungan vitamin B2 yang tinggi. Menurut penelitian, vitamin B2 dapat membantu mencegah peradangan, penglihatan kabur, dan kelelahan pada mata akibat paparan cahaya matahari. Selain tu, vitamin B2 juga dapat mencegah katarak.

Baca juga

Kesimpulan
Jadikanlah organ mata sepenting organ-organ di dalam tubuh. Sulit untuk mengetahui kapan mata kita bisa terserang penyakit atau melemah fungsinya saat bertambah usia. Oleh sebab itu, daftar makanan untuk menjaga kesehatan mata di atas sebaiknya Anda perhatikan dan terapkan di kehidupan sehari-hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daftar Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata