Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Meningkatkan Kecepatan Mesin Mobil Efekif dan Mudah

Salah satu kendaraan yang kian hari kian meningkat jumlahnya adalah mobil. Dengan berbagai jenis, gaya, dan performanya membuat mobil banyak digunakan oleh orang-orang, dari semua kalangan. Terlebih saat ini harga mobil pun kian murah meriah, karena terganti dengan moil-mobil yang lebih luar biasa.

cara meningkatkan kecepatan mesin mobil

Namun begitu, sekuat-kuatnya mobil tidak selamanya cocok bagi kita. Terkadang karena sudah tua atau memang kurang bertenaga, mesin mobil menjadi lemah dan lambat, sehingga mengendarainya menjadi tidak nyaman lagi. Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan pengubahan dan perbaikan. Beberapa di antaranya bisa Anda ketahui pada artikel cara meningkatkan kecepatan mesin mobil di bawah ini. 

Cara Meningkatkan Kecepatan Mesin Mobil Efekif dan Mudah

{1.} Air intakes
Induksi udara sangat penting agar mesin bekerja dengan kuat dan efisien. Oleh sebab itu, cobalah mengganti sistem induksi udara agar performa mesin mobil menjadi lebih bertenaga. Di pasar sendiri, ada banyak merek dan harga dari air intakes ini. Pemasangannya pun mudah.

{2.} Fan mesin
Salah satu penyebab utama menurunnya performa mesin adalah kemampuan fan atau kipas yang ada di dekat radiator yang tidak lagi baik. Fungsi dari fan mesin sendiri untuk menjaga suhu mesin agar terhindar dari pemanasan. Anda sendiri bisa mengganti fan dengan yang lebih baik atau setidaknya lebih baru.

{3.} Pompa bahan bakar
Jika pompa bahan bakar mobil Anda masih secara mekanik, maka Anda bisa menggantinya dengan pompa bahan bakar listrik, agar tenaga dari mobil lebih terangkat dan penggunaan bahan bakar pun lebih efisien. Namun ingat, penggunaan fan mesin dan pompa bahan bakar listrik memerlukan sumber daya. Jadi, Anda juga mungkin harus meningkatkan kemampuan baterai dan alternator, sehingga beban tambahan dapat teratasi.

{4.} Sistem injeksi
Jika mobil Anda masih menggunakan karburator, maka Anda bisa menggantinya dengan sistem injeksi atau fuel ijection, karena lebih ekonomis. Selain itu, sistem injeksi juga lebih baik bagi Anda yang banyak menggunakan mobil untuk menempuh jarak yang jauh. Lebih lagi jika yang digunakan adalah sistem injeksi elektronik, sehingga akan ada tenaga kuda ekstra yang mendukung mobil.

{5.} Chips
Dalam penggunaan sistem injeksi bahan bakar elektronik, ada chips yang bekerja penting sebagai kontrol. Anda bisa membeli chips yang sudah diprogram sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk konsultasi dengan ahlinya.

{6.} Sistem pembuangan
Pentingnya udara masuk ke dalam mesin ekuivalen dengan pentingnya udara keluar atau bisa kita sebut sistem pembuangan berperan penting cepat tidaknya mobil bergerak. Masalah utama dari sistem pembuangan ini adalah deposisi karbon yang melekat. Untuk mengatasinya, banyak cara yang bisa dilakukan. Namun, tidak semua efisien. Misalnya saja yang paling efisien pun cukup mahal, karena Anda harus membeli dua catalytic converter, sehingga pembuangan menjadi ganda.

Baca juga

Kesimpulan
Selain keenam cara meningkatkan kecepatan mesin mobil di atas, sebenarnya komponen-komponen lainnya pun harus diperhatikan. Karena bisa jadi saling berkaitan satu sama lain. Selain itu, jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kecepatan mobil, maka cobalah menggunakan sistem Nitrous Oxide atau sering kita kenal dengan nama NOS.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Kecepatan Mesin Mobil Efekif dan Mudah