Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Penyakit Tifus Tanpa Efek Samping

Tifus merupakan penyakit pada saluran usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri, yaitu bakteri bernama Salmonella typhi. Biasanya bakteri ini ada pada berbagai macam makanan ataupun minuman yang terkontaminasi. Ketika tertelan, bakteri akan menyebar melalui usus ke dalam aliran darah. Lalu akan masuk jauh lebih dalam ke kelenjar getah bening, limpa, hati, kandung empedu, dan bagian-bagian tubuh lainnya.

cara alami mengobati penyakit tifus

Umumnya tifus muncul dengan gejala berupa demam, tubuh yang lemah, sakit kepala, dan sakit perut. Selain itu, dalam keadaan yang lebih parah, penyakit ini dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan, muntah, sembelit, ruam pada kulit, darah pada tinja, mengigil, halusinasi, dan masih banyak lagi. Anda atau saudara yang mengalami hal ini ada baiknya melakukan pengobatan pada dokter. Selain itu, bisa pula didukung oleh beberapa cara alami mengobati penyakit tifus di bawah ini.

Cara Alami Mengobati Penyakit Tifus Tanpa Efek Samping

{1.} Kompres dingin
Salah satu gejala dari tifus adalah demam yang tinggi, sehingga kompres dingin merupakan cara yang cocok untuk menurunkan suhu tubuh dengan cepat. Anda bisa coba merendam kain ke dalam air dingin. Selanjutnya peras, lalu simpan di atas dahi. Lakukan berulang jika kain sudah kering.

{2.} Pisang
Buah pisang dipercaya dapat menurunkan demam dan mengobati diare, termasuk pada penderita tifus. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada pisang yang dapat membantu menyerap cairan di dalam usus, sehingga gejala diare dapat dikurangi. Selain itu, pada buah ini juga terdapat kalium yang dapat berguna untuk mengganti elektrolit yang hilang akibat diare dan demam. Anda sendiri bisa mengonsumsi pisang sebanyak 2-3 buah per hari.

{3.} Bawang putih
Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai cara alami mengobati penyakit tifus. Kandungan antimikroba pada bawang putih dapat membantu tubuh melawan bakteri penyebab tifus, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Setidaknya konsumsi sebanyak 2 siung bawang putih setiap hari sebelum makan atau ketika perut masih kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu. Anda juga bisa mencampur 1/2 sdt bawang putih lembut dengan 4 gelas air dan 1 gelas susu.

{4.} Oralit
Oralit dapat berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare, sehingga dehidrasi dapat dicegah. Anda sendiri bisa membuat oralit di rumah berdasarkan rekomendasi WHO, yaitu dengan mencampurkan 1/2 sdt garam dengan 4 gelas air minum dan 6 sdt gula. Konsumsi oralit ini beberapa kali dalam sehari.

{5.} Cengkeh
Cengkeh memiliki sifat antibakteri, yang tentunya dapat membantu membunuh bakteri penyebab tifus. Anda bisa coba mencampurkan 5-7 tunas cengkeh dengan 6 gelas air. Rebus hingga setengahnya, lalu diamkan hingga dingin. Saring dan konsumsi setiap hari, selama 1 minggu.

Baca juga

Kesimpulan
Tifus bisa jadi sangat berbahaya. Itu mengapa, para ahli menyarankan orang yang mengalaminya untuk segera datang kepada dokter. Terlebih jika demam sudah sangat tinggi dan gejala berbahaya muncul. Selain itu, cara alami mengobati penyakit tifus di atas juga sebaiknya diterapkan untuk mencegah gejala bertambah parah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Penyakit Tifus Tanpa Efek Samping