Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Penyakit Disentri Dengan Metode Sederhana

Disentri merupakan penyakit umum yang dapat diderita oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Meskipun umum dan tidak membahayakan nyawa, namun disentri dapat menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit yang sangat. Terlebih jika disentri sudah dalam tingkat yang menyebabkan buang air besar menjadi seperti lendir, disertai dengan adanya darah. Selain itu, perlu diketahui bahwa disentri memiliki dua jenis umum, yaitu kronis dan akut. Saat ini sendiri, obat disentri sudah lebih mudah didapatkan.

cara alami mengobati penyakit disentri

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun begitu, tahukah Anda bahwa dahulu ada banyak obat herbal dan metode-metode sederhana yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit ini. Beberapa di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar cara alami mengobati penyakit disentri berikut ini.

Cara Alami Mengobati Penyakit Disentri Dengan Metode Sederhana

{1.} Air putih
Ketika mengalami disentri, maka mengonsumsi air sebanyak-banyaknya dan beraturan sepanjang hari sangatlah diperlukan. Mengapa? Karena umumnya disentri menyebabkan Anda sakit perut dan berakhir pada buang air besar dalam bentuk cairan yang abnormal. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan air, sehingga sangat mungkin untuk mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan air. Lebih lagi air dapat mengganti eletrolit pada tubuh yang hilang, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli obat, semisal Pedialyte ataupun Rehydralyte.

{2.} Yogurt
Seperti yang diketahui bersama, yogurt mengandung bakteri baik. Bakteri-bakteri tersebut dipercaya dapat melawan bakteri jahat pada usus. Hal tersebut menjadikan yogurt bahan konsumsi yang bukan saja lezat, namun juga dapat mempercepat proses penyembuhan tubuh dari disentri.

{3.} Ketumbar
Anda juga bisa menggunakan ketumbar sebagai obat cara alami mengobati penyakit disentri. Caranya dengan merebus terlebih dahulu ketumbar dengan air. Selajutnya gunakan ekstrak rebusan ketumbar tersebut sebagai obat. Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Selain dapat mengobati disentri, ekstrak ketumbar ini juga dapat menenangkan perut.

{4.} Jahe
Selain ketumbar, bumbu dapur lainnya yang cocok untuk mengatasi disentri adalah jahe. Jahe memiliki sifat penyembuh yang efektif untuk mengobati berbagai masalah berkenaan dengan pencernaan. Anda bisa mencampurkan jus jahe dengan minyak jarak dan air. Selanjutnya konsumsi sebanyak 2 gelas per hari pada keadaan hangat. Dengan penggunaan teratur, gejala-gejala disentri dapat ditekan dengan baik.

{5.} Delima
Delima atau pomegranate dapat menenangkan perut dan membantu mengatasi disentri. Bahkan di India, delima sangat terkenal untuk mengobati masalah-masalah seperti ini. Sedangkan untuk cara penggunaannya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan buah delima. Konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

{6.} Lemon
Jus lemon, seperti yang kita tahu memiliki efek yang bermanfaat bagi perut. Bahkan gejala lemas akibat disentri dapat diatasi dengan buah ini. Caranya dengan membuat jus lemon bersama dengan air hangat. Konsumsi secukupnya setiap hari.

Baca juga

Kesimpulan 
Dengan menerapkan cara alami mengobati penyakit disentri di atas, masalah yang timbul akan mereda dengan cepat. Namun begitu, perlu diingat bahwa disentri yang Anda alami bisa jadi kronis ataupun akut. Jadi, jangan takut untuk berkunjung ke dokter dan berkonsultasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Penyakit Disentri Dengan Metode Sederhana