Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Bahan Alami Untuk Scrub Kulit Mati dan Berminyak

Kulit kita terkadang kusam, membuatnya terlihat gelap dan kurang terawat. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh penumpukan kotoran, debu, dan sel kulit mati yang melekat. Akan semakin terlihat jelas, bahkan menimbulkan jerawat apabila bercampur bersama dengan sebum atau minyak alami. Tentunya ini sangat mengganggu kecantikan sekaligus kesehatan kulit. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah sebuah perawatan eksfoliasi dengan menggunakan scrub.

bahan alami untuk scrub kulit

Saat ini sendiri scrub sudah dibuat dengan berbagai macam bahan, baik dengan cara mekanis maupun kimiawi. Fungsinya sendiri untuk membantu mengelupas kulit mati, sehingga sirkulasi lebih baik dan kelenjar getah bening dapat terkuras. Jika Anda ingin melakukan hal ini, Anda bisa membeli produk scrub di toko kecantikan. Anda juga bisa coba membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan alami untuk scrub kulit berikut ini.

Bahan Alami Untuk Scrub Kulit Mati dan Berminyak

{1.} Garam
Garam bisa menjadi scrub, yang berguna untuk menghilangkan kasar dan mengelupas sel-sel kulit mati. Ada bisa mencampurkan garam dengan jeruk ataupun pepaya. Scrub garam ini juga sangat cocok untuk meluluhkan sel kulit mati pada bagian tangan dan kaki.

{2.} Gula
Jika Anda mencari scrub alami untuk wajah, maka gula adalah jawaban yang tepat. Mengapa? Karena gula memiliki tekstur yag lebih lembut daripada garam, sehingga efek abrasifnya tidak terlalu besar. Namun jangan gunakan pada area sekitar mata. Anda sendiri bisa mencampur gula dengan labu, mangga, ataupun nanas untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

{3.} Cuka sari apel
Cuka apel dapat membantu meluluhkan kulit mati, sekaligus mengungkap sel kulit baru yang berada di bawahnya. Anda bisa mencampurkan cuka sari apel ini dengan apel pula. Karena apel secara alami memiliki senyawa yang baik untuk pengelupasan.

{4.} Kopi
Untuk selanjutnya adalah bahan alami untuk scrub kulit yaitu kopi. Kopi juga cocok untuk dijadikan exfoliator alami. Bahkan bubuk kopi yang dijadikan scrub juga bisa membantu menyamarkan stretch mark dan sel kulit mati yang biasa ada pada kaki.

{5.} Susu
Susu mengandung asam laktat yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Anda bisa menggunakan scrub susu ini di berbagai tempat, termasuk wajah. Anda juga bisa mencampurkan susu bersama dengan telur ataupun lidah buaya.

{6.} Beras
Beras yang dilembutkan bisa menjadi scrub yang lembut dan cocok untuk seluruh tubuh dan wajah. Scrub dari beras ini juga sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit mudah berminyak.

{7.} Baking soda
Selain dapat digunakan sebagai deodoran dan pemutih gigi, baking soda juga dapat diolah menjadi scrub alami. Anda bisa membuat baking soda menjadi pembersih wajah. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu menjadi pasta untuk eksfoliasi.

Baca juga

Kesimpulan
Perlu diperhatikan bersama bahwa bahan alami untuk scrub kulit di atas tidak semuanya cocok untuk wajah, lebih lagi jika memang wajah Anda sensitif oleh bahan tersebut. Namun Anda sendiri dapat menakar, mana yang cocok dan tidak dari tingkat kelembutannya. Karena pada dasarnya wajah dapat dieksfoliasi dengan bahan-bahan yang tidak terlalu kasar, seperti menggunakan gula halus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahan Alami Untuk Scrub Kulit Mati dan Berminyak