Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Membeli Motor Bekas Agar Anda Tidak Tertipu

Saat ini merek motor sudah sangat banyak dan penjualannya pun kian tahun semakin meningkat. Namun begitu, tidak semua orang menyukai motor-motor baru. Sebagian dari mereka lebih suka memilih dan membeli motor-motor bekas. Mungkin karena harganya lebih murah ataupun mesinnya lebih antik.

tips membeli motor bekas

Selain itu, tidak sedikit yang membeli motor bekas karena memang sudah jarang penjualan motor baru dari merek tersebut. Namun begitu, membeli motor-motor seperti itu tidaklah mudah. Untuk itu, pada artikel kali ini Anda diajak untuk mengetahui setidaknya apa saja tips membeli motor bekas yang sebaiknya diketahui.

Tips Membeli Motor Bekas Agar Anda Tidak Tertipu

{1.} Tentukan jenis motor yang diinginkan
Sebelum membeli motor bekas, Anda harus lebih dahulu tahu, motor jenis apa yang ingin Anda beli. Mengapa? Karena tidak semua motor bisa tepat digunakan pada saat-saat tertentu. Misalnya saja, motor matic kurang cocok digunakan untuk perjalanan jauh dengan jalur menanjak. Contoh lainnya, jika Anda ingin memiliki motor yang bertenaga dan cepat, maka pilihlah motor sport. Anda bisa mengetahui perihal ini dengan bertanya pada orang-orang yang ahli di bidangnya.

{2.} Meneliti harga dan nilai dari motor
Setelah Anda menemukan jenis dan merek motor yang cocok, sekarang Anda bisa meneliti kira-kira harga dari motor tersebut cocok atau tidak dengan kantong Anda. Selain itu, perhatikan pula, apakah ada motor yang lebih baik dengan harga yang lebih murah atau setara daripada motor yang Anda ingin beli. Jika ternyata ada motor yang lebih baik di mata Anda dengan harga yang lebih menggiurkan, maka pilihlah motor tersebut.

{3.} Tentukan tempat membeli
Setiap dealer biasanya memberikan penawaran-penawaran tertentu. Tentu ini baik, namun jangan terlena. Bisa jadi penawaran tersebut malah menjebak Anda. Untuk itu, pastikan dealer tersebut profesional atau bahkan terkenal. Selain itu, lihat pula riwayat penjualan mereka.

{4.} Periksa mesin
Tahap selanjutnya yang sangat penting adalah mengenai mesin dari motor bekas tersebut. Karena yang Anda beli adalah motor yang sebelumnya sudah pernah digunakan, maka bisa jadi ada kerusakan-kerusakan fatal pada bagian mesinnya. Untuk itu, dibutuhkan pemeriksaan mesin secara mendalam, termasuk juga bagian-bagian lainnya, seperti ban dan lampu. Jika Anda tidak mampu melakukannya, maka cobalah ajak seorang ahli mekanik.

{5.} Melakukan percobaan
Tentunya, untuk mengetahui apakah Anda benar-benar cocok dengan motor bekas tersebut atau tidak, Anda harus mencobanya. Untuk itu, lakukanlah test drive dengan mencoba semua bagian-bagian dari fungsi motor tersebut. Jangan lupa pula untuk melakukan kontrol kemudi dan manuver-manuver agar mengetahui performa keseluruhan dari motor tersebut.

{6.} Melihat berkas riwayat
Tahap ini pun sangat penting. Anda harus meminta riwayat dari motor tersebut, apakah pernah mengalami kecelakaan, tindakan melawan hukum, dan sejenisnya. Lihat pula apakah dokumen-dokumennya lengkap, legal, dan asli. Jika tidak, maka jangan sekali-kali untuk berani membelinya.

Baca juga

Kesimpulan
Membeli motor bekas terkadang lebih sulit daripada membeli motor baru. Terlebih jika Anda bukanlah orang yang memiliki pengalaman mengenai mesin dan kelengkapan dari motor. Namun begitu, jika Anda benar-benar menerapkan tips membeli motor bekas di atas, maka setidaknya Anda sudah mengetahui hal-hal utama sebelum membeli motor bekas. Setelahnya Anda hanya perlu berkonsultasi dengan teman yang sudah berpengalaman.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membeli Motor Bekas Agar Anda Tidak Tertipu