Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengatasi Penyakit Lupus Secara Alami

Lupus merupakan penyakit seribu wajah. Disebut seperti itu karena penyakit ini dapat menyerang dan timbul dalam berbagai bentuk. Lupus bahkan bisa menyerang organ-organ vital, seperti paru-paru, ginjal, jantung, otak, hingga pembuluh darah. Sedangkan penyebabnya sendiri masih belum diketahui. Meski begitu, para ahli menganalisa bahwa penyakit ini hadir oleh kombinasi beberapa faktor, seperti genetika, lingkungan, stres, infeksi kronis, bahkan cahaya matahari.

cara mengatasi penyakit lupus

Lupus sendiri merupakan suatu penyakit autoimun. Sistem kekebalan tubuh yang umumnya melindungi, berbalik menyerang jaringan sehat milik diri sendiri, karena ia tidak bisa membedakan, mana jaringan tubuh dan mana jaringan asing. Sedangkan untuk mengatasinya, tentu diperlukan penanganan medis profesional. Namun Anda juga bisa membantu agar gejala-gejalanya bisa dikurangi dengan menerapkan beberapa cara mengatasi penyakit lupus berikut ini.

Cara Mengatasi Penyakit Lupus Secara Alami

{1.} Minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang baik bagi tubuh. Salah satunya berdampak pada penyeimbangan sistem kekebalan tubuh dan pengurangan respon imun negatif. Minyak esensial ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kemampuan pencernaan, mengendalikan gula darah, dan membantu mengobati infeksi candida. Untuk cara pakainya, Anda bisa mengonsumsi 2 sdm minyak kelapa murni setiap hari.

{2.} Cuka sari apel
Bisa jadi penderita lupus mengalami kekurangan asam klorida. Untuk itu, di sini cuka apel membantu memberikan senyawa tersebut, sekaligus membantu melakukan detoksifikasi dan peningkatan penyerapan nutrisi. Anda bisa mencampurkan 1 sdt cuka apel mentah dengan secangkir air hangat. Tambahkan 1/2 lemon dan konsumsi sebanyak 2-3 kali sehari. Konsumsi 20 menit sebelum hendak makan.

{3.} Olahraga
Menurut sebuah peneltian yang diterbitkan oleh jurnal Arthritis Care and Research, disebutkan bahwa aerobik dan gerakan-gerakan ringan dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kesehatan jantung, serta mengurangi kelelahan tanpa mengganggu kondisi dari lupus tersebut. Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi efek negatif dari steroid dan obat-obat lainnya yang harus dikonsumsi penderita lupus. Untuk jenis latihannya, Anda bisa melakukan renang, berjalan santai, bersepeda, peregangan, aerobik, ataupun tai chi. Namun begitu, hati-hati untuk jangan memaksakan diri.

{4.} Jahe
Jahe bisa digunakan penderita lupus yang mengalami serangan rematik. Itu karena jahe mengandung antioksidan yang kuat, sekaligus sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi nyeri pada sendi, termasuk pembengkakan. Anda bisa coba memotong kecil jahe segar, lalu masukan ke dalam jus, entah itu buah atau sayur. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen jahe. Namun tentunya harus dengan resep dokter.

{5.} Asam lemak omega-3
Menurut sebuah studi, disebutkan bahwa senyawa eicosapentaenoic acid pada asam lemak omega-3 dapat membantu memperbaiki gejala dari lupus. Sedangkan untuk mendapatkan asam lemak omega-3 ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti ikan salmon, sarden, mackerel, tuna, biji rami, dan biji kenari.

Baca juga

Kesimpulan
Perlu diperhatikan seksama bahwa cara mengatasi penyakit lupus di atas merupakan pembantu saja dalam proses penyembuhan. Sedangkan untuk proses diagnosa atau tes memerlukan kemampuan ahli. Biasanya dokter akan memberikan beberapa jenis obat untuk mengontrol gejala dari lupus, termasuk kontrol peradangan, kelelahan, rasa sakit, dan pencegahan kerusakan organ.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Penyakit Lupus Secara Alami