Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Penyakit Osteoporosis

Cara alami mengobati penyakit osteoporosis » Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh faktor usia atau bisa juga disebut dengan nama penyakit progresif. Oleh karenanya, orang yang lebih tua akan lebih tinggi kemungkinannya mengalami osteoporosis. selain itu, penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita, namun wanita cenderung lebih besar, dikarenakan efek dari menopause.

cara alami mengobati penyakit osteoporosis

Selain karena faktor usia, osteoporosis juga bisa terjadi akibat kekurangan gizi (gizi buruk), kurangnya aktivitas fisik, pengaruh obat-obatan tertentu, merokok, kekurangan berat badan, dan masih banyak lagi. Sedangkan dampak dari penyakit ini yang paling besar adalah kemungkinan tulang untuk patah lebih besar. Untuk itu, dibutuhkan penanganan medis yang baik agar penyakit dapat diatasi. Selain itu, Anda juga bisa mempercepat proses penyembuhan dengan menerapkan cara alami mengobati penyakit osteoporosis di bawah ini.

Cara Alami Mengobati Penyakit Osteoporosis

{1.} Apel
Apel kaya akan antioksidan, yaitu flavonoid dan polifenol, sehingga cocok digunakan sebagai asupan untuk menjaga kesehatan tulang. Menurut sebuah penelitian di Perancis, flavonoid pada apel yang disebut dengan nama phlorodzin dapat membantu melindungi wanita pasca menopause dari osteoporosis. Hal itu karena senyawa tersebut dapat meningkatkan kepadatan tulang dan manajemen inflamasi.

{2.} Minyak kelapa
Salah satu jenis minyak esensial ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mempertahankan struktur tulang, sekaligus mencegah terjadinya keropos yang disebabkan oleh perubahan hormon. Selain itu, minyak kelapa juga dipercaya dapat membalikkan efek dari defisiensi estrogen, sehingga risiko hilangnya kepadatan tulang dapat dikurangi. Sedangkan untuk pemakaiannya, Anda bisa mengonsumsi minyak kelapa sebanyak 3 sdm. Anda juga bisa mengoleskan minyak tersebut ke seluruh bagian tubuh.

{3.} Olahraga
Tidak dapat dipungkiri, jika Anda ingin mengobati ataupun mencegah osteoporosis, olahraga adalah salah satu cara yang paling efektif. Dengan olahraga, maka kepadatan tulang akan meningkat dan tentunya kesehatan fisik secara keseluruhan dapat terjaga. Untuk jenis olahraganya sendiri bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan. Anda bisa melakukan latihan dengan berjalan, jogging, aerobik, atau sekedar bermain tenis. Anda juga bisa melakukan peregangan dan latihan untuk keseimbangan serta fleksibilitas.

{4.} Berjemur
Salah satu sumber alami dari vitamin D adalah sinar matahari, sedangkan vitamin D sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk mempercepat proses penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, berjemur di atas sinar matahari sekitar 10 sampai 15 menit setiap pagi sangatlah dianjurkan.

{5.} Minyak ikan
Minyak ikan mengandung asam omega-3 dan vitamin D yang cocok digunakan untuk mengobati osteoporosis, karena fungsinya yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Anda bisa coba berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen minyak ikan atau Anda juga bisa mengonsumsi makanan berupa ikan air dingin, semisal salmon.

Baca juga

Kesimpulan
Dampak dari osteoporosis bisa sangat menggangu aktivitas seseorang. Oleh sebab itu, bertindak cepat dalam menangani penyakit ini adalah sesuatu yang penting. Selain itu, beberapa cara alami mengobati penyakit osteoporosis di atas juga sebenarnya pantas diterapkan untuk Anda yang tidak terkena penyakit ini. Karena pada dasarnya poin-poin tersebut mencakup penjagaan terhadap kesehatan tulang dan organ-organ tubuh lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Penyakit Osteoporosis