Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Kolera Penyakit Sangat Menular

Cara alami mengobati kolera » Kolera merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Vibrio Cholerae dan umum organ yang dipengaruhi adalah usus kecil. Dalam banyak data statistik disebutkan bahwa penyakit ini menjadi epidemi di banyak negara-negara terbelakang dan berkembang. Sedangkan untuk penularannya sendiri bisa dari air yang terkontaminasi, ikan mentah, buah-buahan metah, biji-bijian, makanan laut, ataupun kotoran.

cara alami mengobati kolera

Untuk gejalanya meliputi banyak aspek, mulai dari kram pada perut, kram otot, muntah, mual, kulit kering, tekanan darah rendah, lemah, gelisah, lelah, mulut kering dan lain sebagainya. Anda yang terlanjur terserang penyakit kolera ada baiknya melakukan pengobatan secara medis. Selain itu, Anda juga bisa mendukung proses penyembuhannya dengan menerapkan salah satu dari cara alami mengobati kolera di bawah ini.

Cara Alami Mengobati Kolera Penyakit Sangat Menular

{1.} Kunyit
Salah satu gejala paling umum saat seseorang terkena kolera adalah diare dan kunyit merupakan bahan alami yang terbukti ampuh mengatasi diare. Anda bisa coba merendam potongan jahe ke dalam jus lemon selama 2 jam. Jika sudah, keringkan jahe di bawah sinar matahari. Selanjutnya giling hingga menjadi bubuk.

Anda bisa menyimpan bubuk tersebut di dalam wadah kedap udara. Jika ingin menggunakannya, Anda bisa mengambil 1/4 sdt bubuk tersebut, lalu campurkan dengan segelas air panas dan sedikit madu. Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

{2.} Biji klabat
Biji dari klabat atau fenugreek dapat mengatasi diare berat akibat kolera. Kandungan lendir yang tinggi pada klabat dapat mengurangi keparahan akibat diare dengan efektif. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mencampurkan 1 sdt bubuk biji klabat dengan 2 sdm yogurt polos dan bubuk biji jintan. Konsumsi sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

{3.} Cengkeh
Satu titik krusial dari serangan kolera adalah perut dan cengkeh merupakan obat alami yang cocok untuk meringankan ketidaknyamanan perut tersebut. Selain itu, senyawa eugenol pada cengkeh juga dapat membantu menghancurkan bakteri pada usus, termasuk parasit penyebab bertambah buruknya diare.

Ada bisa coba mencampurkan 10-15 tunas cengkeh ke dalam 5-6 gelas air. Rebus hingga air tersisa setengahnya, lalu saring dan dinginkan. Konsumsi ramuan ini secara teratur hingga kondisi membaik.

{4.} Bawang
Kandungan antibakteri, antibiotik, dan antiseptik pada bawang dipercaya dapat membantu menyembuhkan kolera. Selain itu, bawang juga dapat membantu meringankan gejala-gejala yang timbul, seperti mulut kering, haus, dan gelisah.

Anda bisa mencampurkan 1/2 siung bawang dengan 7-8 butir lada hitam. Konsumsi ramuan ini 3 kali dalam sehari. Anda juga bisa membuat jus dari campurkan bawang dan labu.

Baca juga

Kesimpulan
Kolera merupakan penyakit yang sangat menular dan penyebaran infeksinya bisa sangat cepat. Untuk itu, dibutuhkan pengobatan medis yang tepat agar pemulihan dapat berlangsung dengan cepat. Selain itu, penerapan cara alami mengobati kolera di atas juga bisa Anda coba untuk membantu proses penyembuhan atau setidaknya mengurangi gejala yang menyerang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Kolera Penyakit Sangat Menular