Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor merupakan daun dari tanaman kelor atau moringa oleifera. Awalnya tanaman ini ditemukan asli di India. Namun seiring bertambahnya waktu, kelor hadir dan berkembang di seluruh dunia, membuatnya menjadi tanaman yang khas pada setiap negara. Di India sendiri, daun kelor banyak digunakan sebagai bahan herbal untuk mengolah obat-obatan dan kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak ribuan tahun lamanya.


Memang jika diteliti lebih lanjut, kelor memiliki kandungan yang berlimpah dan semuanya bisa bermanfaat bagi tubuh. Bahkan kelor dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, menjadi obat untuk membantu detoksifikasi racun dari tubuh, dan melawan berbagai bakteri jahat. Untuk lebih jelas mengenai khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh, ada baiknya Anda memperhatikan penjelasan berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

{1.} Gizi yang tinggi
Daun kelor mengandung gizi yang tinggi. Menurut penelitian, dalam 21g daun kelor terdapat 2g protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, riboflavin, vitamin A atau beta-karoten, dan magnesium. Melihat begitu besarnya kandungan daun kelor tersebut, maka mengkonsumsinya adalah baik dan bermanfaat. Bahkan di negara-negara barat sendiri, daun ini banyak diolah menjadi suplemen.

{2.} Tinggi antioksidan
Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, terutama dari vitamin C dan beta-karoten. Bahkan menurut sebuah studi disebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi 1,5 sdt bubuk daun kelor setiap hari selama 3 bulan mengalami peningkatan antioksidan darah secara signifikan.

Antioksidan sendiri memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia. Selain untuk melawan radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh, antioksidan juga bisa menurunkan tekanan darah, mengobati penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Selain itu, daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan dengan cara mengurangi oksidasi.

{3.} Menurunkan gula darah
Ada banyak masalah yang timbul apabila gula dalam darah terlalu tinggi, termasuk juga munculnya penyakit diabetes dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, penting untuk kita menjaga kadar gula darah tetap pada ambang yang sehat.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi daun kelor. Menurut penelitian, daun kelor dapat membantu menurunkan tingkat gula darah. Namun begitu, penelitian yang kuat masih ditujukan pada hewan.

Meski begitu, ada sebuah penelitian, yang mana disebutkan bahwa 6 orang pasein penderita diabetes yang mengonsumsi 50g daun kelor setiap makannya mengalami pengurangan kenaikan gula darah hingga 21%. Kandungan yang paling berpengaruh terhadap kasus ini sendiri adalah senyawa isothiocyanates.

{4.} Mengurangi peradangan
Daun kelor mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Itu berarti daun ini bisa mengobati peradangan, termasuk juga pada penyakit jantung dan kanker. Meski penelitiannya sendiri belum maksimal, namun tidak ada salahnya untuk Anda menjadikan kelor sebagai salah satu bumbu rempah masakan yang menyehatkan.

Baca juga

Kesimpulan
Selain beberapa khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat kelor bagi manusia. Bahkan daun ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh. Selain daunnya, bagian-bagian lain dari kelor pun, semisal polongnya juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh