Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Berbisnis Laundry Kiloan Supaya Berkembang Sukses

Jika Anda saat ini sedang mencari, mana bisnis sederhana yang menjanjikan, maka berbisnis laundry kiloan adalah piihan yang tepat. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak pebisnis, baik pemula maupun profesional. Oleh karena itu, kita bisa lihat bahwa bisnis laundry sederhana banyak bertebaran di perkotaan. Dengan melihat peluang tersebut, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba terjun dan memulai bisnis ini. Namun begitu, untuk memulainya Anda butuh persiapan dan ilmu yang baik, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

cara berbisnis laundry kiloan

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini, Anda akan diajak untuk mengetahui beberapa cara berbisnis laundry kiloan. Dengan ilmu sederhana ini, diharapkan Anda bisa berhasil dalam bersaing dengan kompetitor lainnya.

Cara Berbisnis Laundry Kiloan Supaya Berkembang Sukses

{1.} Survei pangsa pasar
Untuk mendapatkan tempat yang strategis, Anda harus melakukan survei. Meski suatu lingkungan memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, belum tentu bisnis laundry kiloan dapat berkembang dengan baik. Anda juga harus melakukan survei terhadap umur, penghasilan rata-rata, kemampuan konsumen, serta pendidikan. Ini penting, karena tidak semua orang membutuhkan jasa laundry.

Contoh lokasi paling strategis dalam berbisnis laundry kiloan adalah di tempat-tempat penyewaan rumah, khususnya kos mahasiswa. Selain itu, bisnis ini juga sekiranya dapat berkembang pesat pada lokasi-lokasi yang tingkat sosialnya tinggi.

{2.} Modal
Setelah mengetahui lokasi yang tepat, Anda bisa mencoba melakukan analisa jumlah modal untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. Kasarnya, Anda membutuhkan beberapa peralatan laundry, seperti mesin cuci, setrika, pengering. Dibutuhkan juga timbangan, kendaraan untuk mengantar pesanan, plastik (bungkus), dan alat tulis atau hitung.

Selain peralatan, perhatikan juga modal untuk menyewa lokasi, bensin, listrik, biaya maintaince (perbaikan dan perkembangan), dan promosi. Jika Anda memiliki modal lebih, maka tak mengapa untuk langsung memperkerjakan karyawan.

{3.} Promosi
Poin ketiga ini sangat penting, karena tanpa promosi bisnis Anda akan susah untuk diketahui orang-orang. Oleh sebab itu, menyisipkan modal untuk promosi adalah penting, baik bisnis tersebut baru atau sudah berjalan lama.


Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis laundry kiloan. Salah satu yang paling efektif adalah dengan membuat brosur, leaflet, ataupun pamflet. Anda bisa menyebarkan brosur di rumah ataupun kos-kosan. Jika Anda memiliki modal lebih, memasang iklan di surat kabar (koran), radio, dan spanduk akan jauh lebih efektif.

{4.} Profesional
Karena bisnis laundry kiloan merupakan bisnis dalam bidang jasa, kepercayaan pelanggan menjadi sangat penting, agar mereka bisa memesan jasa Anda lagi dan lagi. Oleh sebab itu, di sini profesionalitas yang dijunjung tinggi. Anda sebagai pebisnis haruslah menerapkan asas kejujuran, ketepatan waktu, dan loyalitas terhadap kualitas hasil pekerjaan. Dengan cara ini, maka konsumen akan senang dan tertarik untuk kembali memesan.


Kesimpulan
Dengan menerapkan semua cara berbisnis laundry kiloan tersebut, diharapkan Anda yang baru memulainya bisa semangat dan berusaha agar apa yang Anda inginkan dapat tercapai. Cobalah untuk memulai dengan perlahan, namun pasti. Jangan lupa juga untuk berdoa dan menjalin hubungan dengan banyak orang, sehingga bisnis Anda bisa semakin kuat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Berbisnis Laundry Kiloan Supaya Berkembang Sukses