Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Penyakit Impetigo Yang Menular

Impetigo merupakan infeksi pada kulit, terutama pada area muka, tangan, leher, dan kaki. Penyakit sangat menular ini sendiri dipelopori oleh mikroorganisme berupa bakteri bernama staphylococcus dan streptokokus pyogenes. Bakteri ini dapat menyerang melalui kulit yang sehat maupun rusak, semisal karena eksim dan kudis. Jenis dari impetigo pun beragam, mulai dari impetigo ecythma, contagiosa, dan bulosa. Penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja. Namun yang paling sering mengalaminya adalah bayi dan anak-anak.

cara alami penyakit mengobati impetigo

Gejalanya sendiri cukup mengerikan, karena impetigo akan membuat kulit menjadi berwarna merah seperti luka. Selain itu, ada pula rasa gatal, ruam, pustula yang bila pecah akan mengeluarkan cairan lepuh, lesi, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter. Anda juga dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menerapkan beberapa cara alami penyakit mengobati impetigo berikut ini.

Cara Alami Mengobati Penyakit Impetigo Yang Menular

{1.} Lidah buaya
Anda bisa menyembuhkan impetigo menggunakan lidah buaya. Hal ini karena kandungan lidah buaya yang dapat dijadikan anti bakteri, anti-inflamasi, dan antiseptik. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit pada kulit dan menjadi antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga infeksi dapat dilawan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa memotong daun lidah buaya yang segar, lalu ambil bagian gelnya. Jika sudah, oleskan gel ke bagian kulit yang bermasalah. Diamkan selama 30 menit. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari selama seminggu.

{2.} Zinc
Zinc atau seng merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Khasiatnya sendiri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa menetralkan infeksi karena bakteri dan membantu menyeimbangkan respon imun. Bahkan zinc juga dapat mengurangi risiko impetigo pada bayi prematur.

Untuk mendapatkan senyawa zinc, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan, mulai dari kacang-kacangan, beberapa jenis kerang, sereal yang diperkaya, dan biji-bijian. Anda juga bisa membeli suplemen zinc.

{3.} Minyak pohon teh
Infeksi impetigo dapat dikurangi penyebarannya dengan menggunakan minyak pohon teh. Salah satu jenis minyak esensial ini memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan antimikroba, sehingga juga dapat melawan infeksi serta mengurangi gejala yang timbul.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampur terlebih dahulu beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sdm minyak zaitun. Setelah itu, oleskan ramuan herbal tersebut ke bagian area yang terserang impetigo. Diamkan 20-30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari selama beberapa hari.

{4.} Cuka putih
Agar penyakit impetigo dapat cepat sembuh, Anda harus menjaga kulit yang terkena penyakit ini tetap bersih. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan antibiotik alami, yaitu cuka putih. Penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdm cuka putih dengan 2 gelas air hangat. Setelah itu terapkan ramuan ke area yag sakit dengan bola kapas.


Kesimpulan
Beberapa cara alami penyakit mengobati impetigo di atas sebaiknya Anda gunakan bersamaan dengan pengobatan konvensional, karena seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit ini sangat menular dan bisa menyebar ke area kulit lainnya. Penanganan yang baik, tanggap, dan steril sangat menentukan cepat lambatnya penyembuhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Penyakit Impetigo Yang Menular