Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan Pada Wajah Anda

Tangan kita bak sebuah tempat yang dipenuhi dengan kotoran. Ini bukan berarti bahwa tangan kita benar-benar kotor. Melainkan pada umumnya, ketika tangan tidak dibersihkan dan menyentuh benda kotor, maka sebenarnya tangan sedang membawa kotoran-kotoran tersebut tanpa kita ketahui, karena memang kotoran berupa debu dan kuman memiliki ukuran yang mikro (sangat kecil). 

bahaya memencet jerawat

Jadi bila seperti itu, apakah merupakan bahaya memencet jerawat sembarangan? Tentunya ini menjadi perdebatan bagi para ahli dan orang-orang awam. Untuk itu, dalam artikel kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui apakah benar memencet atau sekedar menyentuh wajah bisa menimbulkan jerawat dan bagaimana mekanismenya secara ilmiah. 

Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan Pada Wajah Anda

{1.} Transfer kuman dari tangan 
Ujung jari Anda bisa jadi merupakan sarang atau tempat berkumpulnya bakteri, virus, alergen, serta senyawa-senyawa berbahaya lainnya. Kerika ujung jari Anda menyentuh kulit wajah, maka bisa jadi menyebabkan kuman dan kotoran tersebut berpindah, sehingga menimbulkan keruksakan pada kulit. Hal ini akan semakin menjadi-jadi apabila kulit tersebut sedang berjerawat, karena kita tahu jerawat adalah keadaan ketika pori-pori tersumbat oleh sebum (minyak) dan kotoran.

Ketika kotoran pada jari tampil untuk semakin menyumbat pori-pori, maka jerawat akan semakin parah. Bahkan, karena berbahayanya, dikatakan oleh seorang ahli bahwa menggosok mata menggunakan tangan dapat memecah kapiler di kelopak mata. Bagaimana lagi jika jerawat bukan saja disentuh ataupun digosok, melaikan Anda memencetnya? Tentunya hal ini akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. 

{2.} Menyalurkan penyakit berbahaya 
Memencet jerawat akan memperburuk jerawat itu sendiri. Bahkan bisa jadi menimbulkan penyakit yang lebih parah, seperti penyakit dermatitis dan herpes simplex. Mengapa? Karena bisa jadi sebelum Anda menyentuh jerawat, Anda menyentuh terlebih dahulu alat kelamin yang terjangkit virus herpes. Terlebih lagi jika jerawat dekat dengan bibir atau mata. 

{3.} Menimbulkan jerawat baru 
Selain memperburuk, ternyata memencet atau setidaknya menyentuh jerawat bisa menjadi pemicu munculnya jerawat lain. Bahkan menurut para ahli, menyentuh dan memencet jerawat ataupun komedo para wajah bisa menimbulkan peradangan, kemerahan, hingga munculnya berbagai jenis jerawat, seperti papula, pustula, dan kista, yang mana ketiga jenis jerawat ini sangat berbahaya.

Pustula sendiri banyak kita tahu merupakan jenis jerawat yang besar dan memiliki nanah di dalamnya. Jerawat biasa pun bisa bertransformasi menjadi jerawat jenis ini jika Anda terus menyentuhnya dan diselingi juga dengan meningkatnya produksi sebum. Karena memang sentuhan akan merangsang kelenjar untuk mengeluarkan minyak. 

{4.} Terdapat keringat pada jari 
Perlu diketahui bahwa jari dan telapak tangan tidak memiliki folikel rambut, sehingga tidak ada padanya kelenjar sebaceous. Sehingga apa yang kebanyakan orang kira lemak pdaa ujung jari sebenarnya adalah keringat. Oleh sebabnya, menyentuh atau bahkan memencet jerawat akan membuat wajah semakin basah dan terasa seperti greasier.

Pada umumnya keringat lengket. Jika tercampur dengan kuman dan serangga mikro serta tercampur dengan luka akibat memencet akan menimbulkan jerawat yang lebih parah. Bahkan akan menimbulkan bekas berupa kawah yang tidak bisa disembuhkan kecuali dengan peralatan canggih (modern) dalam waktu yang tidak singkat. 

Baca juga 

Kesimpulan 
Setelah mengetahui bahaya memencet jerawat sembarangan, tentunya Anda harus sadar bahwa jika ingin sembuh dari jerawat, menjaga tangan agar tidak menyentuh wajah amat penting. Selain itu, selalu membersihkan tangan dengan baik juga merupakan tindakan preventif yang sangat bijak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan Pada Wajah Anda