Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Membuat Air Mawar Untuk Menghilangkan Jerawat

Air mawar sudah dipercaya sejak dahulu dapat bermanfaat bagi kulit, termasuk juga untuk membantu mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya. Jerawat sendiri muncul akibat sebum atau minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous terlalu banyak, sehingga membuat sel kulit mati, kotoran, dan bakteri terjebak dan menimbulkan sumbatan. Di sinilah, air mawar dapat menghalau hal tersebut terjadi.

cara membuat air mawar untuk menghilangkan jerawat

Air mawar memiliki banyak kelebihan dan hal tersebut mengarah pada efektifitasnya terhadap jerawat. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui apa saja kandungan dan manfaat dari air mawar serta bagaimana cara membuat air mawar untuk menghilangkan jerawat.

Cara Membuat Air Mawar Untuk Menghilangkan Jerawat

Mengapa air mawar?
  • Air mawar mengandung sifat antiseptik dan antimikroba, sehingga cocok untuk mengobati jerawat dan memudarkan bekasnya. 
  • Air mawar dapat digunakan di segala jenis kulit yang umum dimiliki orang-orang. Oleh sebab itu, penggunaan air mawar juga tetap cocok dgunakan oleh jenis kulit sensitif. Anda tidak perlu takut muncul rasa terbakar ataupun kemerahan seperti jika menggunakan bahan-bahan kimia.
  • Selain untuk mengobati jerawat, air mawar juga dipercaya dapat menjaga keseimbangan pH pada kulit secara optimum. Air mawar juga dipercaya bisa dijadikan toner alami untuk mengencangan pori-pori kulit dan mengurangi garis-garis halus akibat penuaan.
Membuat ramuan air mawar
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah air mawar menjadi obat untuk menghilangkan jerawat. Air mawar sendiri terbuat dari campuran air dengan bunga-bunga mawar yang takarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih jelas, mari simak beberapa ramuan dari air mawar.
 
{1.} Air mawar dan pasta cendana
Gabungan kedua bahan ini dipercaya dapat membantu mengobati jerawat dan memudarkan bekasnya. Untuk pengolahannya, Anda bisa mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar. Perbandingannya sekitar 2:1 atau 2 sdm bubuk cendana dan 1 sdm air mawar. Jika masih kurang, Anda bisa menambahkan sesuai keinginan. Namun yang pasti, ramuan harus dalam keadaan kental tebal. Jika sudah, oleskan ramuan ke seluruh area wajah dan bagian kulit lain yang berjerawat. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

{2.} Air mawar dan jus lemon
jus lemon juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat, mencerahkan, membersihkan, dan mengurangi efek penuaan. Untuk pengolahan, Anda bisa mencampurkan 1 sdm air mawar dengan 1 sdm air jeruk lemon. Jika sudah tercampur dengan baik, gunakan ramuan tersebut sebagai pencuci muka. Biarkan selama 10 menit, lalu keringkan.

Sebelum menggunakan jus lemon, Ada baiknya untuk Anda mencobanya dahulu di belakang kuping ataupun siku. Jika tidak ada reaksi berbahaya, seperti iritasi dan kemerahan akibat asam sitrat, barulah coba pada wajah.

{3.} Air mawar, ketimun, dan madu
Campurkan 2 inci mentimun segar, 2 sdm madu, dan air mawar. Anda bisa mencampurkannya dengan blender. Setelah itu, oleskan ramuan ke seluruh area wajah. Jika sudah, diamkan, lalu cuci dengan air bersih dan keringkan.

Baca juga

Kesimpulan
Setelah mengetahui beberapa cara membuat air mawar untuk menghilangkan jerawat tersebut, Anda bisa mencobanya langsung di rumah. Pada dasarnya air mawar bisa dibuat sebagai pencuci muka. Sedangkan jika ingin dijadikan obat oles seperti krim, maka campurkan dengan bubuk bahan herbal, sehingga menjadi pasta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Air Mawar Untuk Menghilangkan Jerawat