Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Besarnya Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Apakah anda termasuk orang yang setiap hari beraktifitas dengan berjalan kaki? Jika iya, berapa menit waktu yang anda gunakan untuk berjalan kaki? Sadarkah anda bahwa aktifitas kecil dan ringan tersebut ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh anda? Berdasarkan riset yang dilakukan, dengan berjalan kaki anda dapat membuang 4,7 kalori bahkan lebih per menitnya saja.

manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Bukti kecil bukan dari sekedar berjalan kaki saja. Tahukah anda bahwa berjalan kaki juga merupakan olahraga paling ringan yang fungsinya sangat besar untuk menjaga kesehatan bahkan menghindari berbagai macam resiko penyakit dalam diri anda? Jika anda belum tahu, berikut beberapa informasi penting terkait besarnya manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh anda.

Besarnya Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh Anda

{1.} Manfaat Jalan Kaki Untuk Stamina Tubuh
  • Berjalan kaki secara rutin selama minimal tiga kali dalam seminggu dapat membantu anda menjaga kebugaran tubuh serta meningkatkan sistem pernafasan anda. Itulah mengapa jika anda berolahraga jalan kaki saja, nafas anda bisa lebih kuat dan memberikan efek bugar pada tubuh.
  • Manfaat lain yang bisa anda rasakan dengan berjalan kaki ialah meningkatnya sistem imun pada tubuh anda, sehingga tubuh anda akan terjaga dengan baik karena sistem imun yang lebih kuat.
  • Jika anda berjalan kaki pada pagi hari, anda akan mendapat suntikan vitamin D secara alami melalui paparan sinar matahari. Itulah mengapa berjalan kaki di luar ruangan sangat bermanfaat karena mampu menyumbangkan nutrsi vitamin pada tubuh anda.
  • Menjaga tekanan darah agar tetap stabil juga merupakan salah satu manfaat lain dari berjalan kaki, karena melalui jalan kaki tekanan darah anda mampu stabil seiring dengan meningkatnya metabolism tubuh anda.
{2.} Manfaat Jalan Kaki Untuk Menurunkan Resiko Penyakit
  • Dengan berjalan kaki maka resiko penyakit osteoporosis akan terhindar dari anda. Karena ketika berjalan kaki tulang dituntut untuk menahan anggota tubuh lainnya. Itulah mengapa jalan kaki mampu membuat tulang serta persendian jauh lebih kuat dibandingkan orang yang tidak pernah berjalan kaki.
  • Menurunkan resiko penyakit jantung juga bisa dilakukan dengan berjalan kaki karena kolesterol baik mampu menyerap kolesterol jahat pada tubuh anda secara maksimal yang menjadi penyebab utama biasanya orang terkena penyakit jantung.
  • Dibandingkan dengan orang yang tidak biasa berjalan kaki, orang yang rutin berjalan kaki terhindar dari penyakit diabetes. Ini karena jalan kaki mampu menurunkan kadar gula dalam darah pada tubuh anda.
{3.} Manfaat Jalan Kaki Untuk Penyembuhan Penyakit
  • Terapi bagi penderita stroke ringan bisa dilakukan dengan berjalan kaki tanpa memakai alas kaki karena bisa membantu aliran darah lebih lancar sehingga tidak ada penggumpalan darah.
  • Orang yang stress atau depresi juga bisa diterapi dengan berjalan kaki, karena stamina tubuh meningkat sehingga pikiran juga bisa lebih positif.
  • Bagi anda yang memiliki masalah tidur, olah raga ringan berjalan kaki dapat membuat anda tidur nyenyak pada malam hari. Ini disebabkan metabolism tubuh anda lebih baik serta efek nyaman yang dilahirkan dari berjalan kaki.

Demikian pembahasan tentang manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Semoga penjelasan diatas dapat memotivasi anda agar lebih menyukai berjalan kaki, karena selain menyehatkan tubuh juga banyak manfaat lainnya. Terapkan hidup sehat melalui hal ringan seperti berjalan kaki. Salam sehat..!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Besarnya Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh Anda