Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Khasiat dan Manfaat Toge Bagi Kesehatan Tubuh

Toge atau taoge adalah kecambah yang di Indonesia sendiri sering dijadikan bahan makanan, apakah itu digoreng, ditumis, maupun diolah menjadi sayur. Selain rasanya yang lezat, toge juga ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan, tidak sedikit yang menjadikan toge sebagai obat herbal.


Saat ini sendiri, penelitian mengenai toge banyak didengungkan oleh para ahli. Namun yang dapat kita simpulkan mengenai tanaman ini adalah begitu kaya dan signifikannya kandungan vitamin serta nutrisi-nutrisi yang ada di dalamnya. Untuk lebih jelas, mari simak pembahasan mengenai khasiat dan manfaat toge bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Toge Bagi Kesehatan Tubuh

{1.} Menjaga kesehatan pencernaan
Toge kaya akan enzim, sehingga cocok dijadikan asupan yang baik bagi pencernaan. Enzim sendiri dibutuhkan oleh organ pencernaan untuk membantu meningkatkan efektifitas penyerapan nutrisi. Selain itu, toge juga kaya akan serat yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Masalah-masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit pun dapat diobati dengan tanaman ini.

{2.} Meningkatkan sistem metabolisme
Dengan kandungan protein yang tinggi pada toge, membuat tanaman ini baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Fungsi kimia dan semua proses dalam tubuh pada umumnya memerlukan protein, terlebih untuk perkembangan otot, tulang, regenerasi kulit, perbaikan organ, dan bagian-bagian penting pada tubuh lainnya.

{3.} Mengatasi anemia dan sirkulasi darah
Toge juga kaya akan zat besi. Senyawa inilah yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka sel darah merah akan turun dan terjadilah anemia. Sedangkan anemia sendiri memiliki dampak yang besar bagi tubuh, seperti mengurangi konsentrasi, mudah lelah, pusing, mual, dan gangguan pada perut.

{4.} Baik untuk diet berat badan
Hal unik yang bisa kita dapat dari toge adalah tingginya nutrisi dan rendahnya kalori. Hal ini membuat toge menjadi salah satu bahan makanan yang cocok bagi para pelaku diet. Selain itu, kandungan serat pada toge juga membuat orang yang mengonsumsinya akan lebih mudah kenyang dan secara bersamaan membantu tubuh dalam menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon rasa lapar.

{5.} Menjaga kesehatan jantung
Toge juga menjadi begitu kaya akan manfaat karena adanya kandungan asam lemak omega-3. Manfaat dari asam lemak omega-3 sendiri bermacam-amcam dan salah satunya untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat, yang sangat membahayakan jantung. Selain itu, asam lemak omega-3 juga merupakan senayawa anti-inflamasi, sehingga dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Toge juga dipercaya dapat mengurangi tekanan darah, karena kandungan kalium di dalamnya yang dapat menjadi vasodilator.

{6.} Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C pada toge menjadikannya stimulan alami nan kuat untuk sel darah putih melawan infeksi serta berbagai macam penyakit. Toge juga kaya akan vitamin A yang bersifat antioksidan, sehingga cocok untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga

Kesimpulan
Setelah mengetahui begitu besarnya khasiat dan manfaat toge bagi kesehatan tubuh, tentunya kita sadar bahwa tanaman yang kecil pun bisa menjadi tanaman yang sangat menunjang kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda menjadikan toge sebagai salah satu makanan super yang difavoritkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Toge Bagi Kesehatan Tubuh