Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Khasiat dan Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

Rebung merupakan salah satu jenis tanaman yang di Asia, termasuk Indonesia, banyak digunakan sebagai bahan makanan. Bahkan saat ini rebung sudah merambah banyak negara di barat, karena memang rasanya lezat dengan teksturnya lembut. Selain itu, rebung juga mudah diolah menjadi banyak jenis masakan. Lebih dari itu semua, ternyata rebung juga kaya akan nutrisi.

khasiat dan manfaat rebung

Menurut penelitian, rebung mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, C, tiamin, niacin, riboflavin, protein, karbohidrat, fosfor, zat besi, dan juga berbagai macam sifat, seperti sifat anti-bakteri, anti-kanker, anti-jamur, antivirus, dan antioksidan. Dengan kandungannya tersebut, ada banyak masalah kesehatan yang bisa diatasi dengannya. Beberapa diantara khasiat dan manfaat rebung bagi kesehatan tubuh itu bisa Anda ketahui pada daftar berikut.

Khasiat dan Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

{1.} Menurunkan berat badan
Jika Anda sedang diet, maka rebung bisa dijadikan makanan yang cocok untuk sehari-hari. Kandungan nutrisi yang baik pada rebung bisa mengalahkan kandungan karbohidrat, kalori, dan gula di dalamnya. Sehingga ketiga senyawa tersebut hampir terabaikan, namun tetap memiliki manfaat bagi tubuh.

{2.} Menjaga kesehatan jantung
Kandungan pitosterol dan fitonutrien pada rebung diteliti dapat bermanfaat untuk melarutkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh, yang mana kolesterol ini begitu jahat dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain itu, rebung juga dipercaya berkhasiat untuk melancarkan gerakan darah di seluruh tubuh. Bahkan menurut ilmuwan dari Washington State University, konsumsi rebung dapat bermanfaat untuk lipid dan usus.

{3.} Melawan kanker
Seperti dijelaskan sebelumnya, rebung mengandung pitosterol, yang mana di dalamnya terdapat lagi senyawa-senyawa bermanfaat, seperti amilase, flavin, dan klorofil. Kandungan-kandungan tersebutlah yang dipercaya oleh para peneliti dapat bermanfaat untuk mengendalikan mutasi dan kanker.

{4.} Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Banyaknya kandungan vitamin dan mineral, serta antioksidan pada rebung sangat baik untuk tubuh. Termasuk juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga serangan virus, bakteri, dan masalah-masalah kesehatan yang umum terjadi, misalnya karena perubahan musim, bisa dicegah dengan mudah.

{5.} Menjaga kesehatan pencernaan
Rebung juga kaya akan serat, yang mana bermanfaat untuk pencernaan, termasuk membuat gerakan usus lebih sehat. Hal ini juga didukung oleh kandungan vitamin yang sangat baik untuk organ-organ pencernaan.

{6.} Mengatasi gangguan pernapasan
Selain baik untuk pencernaan, rebung juga ternyata baik untuk pernapasan. Anda bisa mengolah tunas rebung dengan cara direbus. Setelah itu gunakan rebusannya untuk dikonsumsi bersama dengan madu.

{7.} Mengobati keracunan
Menurut para ahli kesehatan Ayurdevic atau pengobatan tradisional India, rebung memiliki sifat anti-berbisa. Itu berarti rebung dapat dijadikan herbal untuk mengobati pasien yang tergigit hewan berbisa, seperti ular dan kalajengking.

Baca juga
Kesimpulan » Melihat begitu banyaknya khasiat dan manfaat rebung bagi kesehatan tubuh, tidak ada salahnya untuk Anda memasukkan tanaman ini ke dalam salah satu makanan favorit. Terlebih saat ini tunas rebung mudah dijumpai, dari mulai penjual tradisional hingga restoran mewah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh