Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Khasiat dan Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Lada hitam atau merica merupakan buah dari tanaman yang termasuk ke dalam jenis Piperaceae. Banyak orang menggunakan lada hitam sebagai bahan rempah dapur, karena di dalamnya terdapat senyawa bernama piperin, yang mana dapat memberikan rasa pedas bagi masakan. Terlebih lada hitam juga mudah dicari, karena penyebarannya sendiri amat banyak dan tersedia sepanjang tahun.

khasiat dan manfaat lada hitam

Selain sebagai penyedap rasa, lada hitam juga dipercaya sebagai obat mujarab bagi banyak macam penyakit. Hal ini dikarenakan kandungannya yang kaya akan nutrisi, seperti kalium, zat besi, vitamin C, vitamin K, mangan serta serat. Untuk lebih jelas, tidak ada salahnya bagi Anda mengetahui apa saja khasiat dan manfaat lada hitam pada pembahasan berikut.

Khasiat dan Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan Tubuh

{1.} Meningkatkan fungsi pencernaan
Lada hitam dapat membantu tubuh merangsang sekresi asam klorida pada lambung, sehingga pencernaan dapat berjalan lebih baik. Dengan pencernaan yang baik, maka berbagai macam risiko kesehatan, seperti perut kembng, kolik, sembelit dan sejenisnya dapat dikurangi. Selain itu lada hitam juga memiliki sifat antibakteri, sehingga cocok untuk melawan berbagai macam bakteri penyebab masalah usus.

{2.} Meningkatkan nafsu makan
Sejalan dengan peningkatan fungsi pencernaan, khasiat lada hitam juga berdampak baik pada rangsangan nafsu makan. Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa lada hitam terbukti dapat meningkatkan nafsu makan melalui stimulasi penciuman.

{3.} Menurunkan berat badan
Jika disandingkan dengan poin kedua, tentu rasanya aneh. Namun hal ini adalah benar, bahkan lada hitam cocok dimasukkan ke dalam daftar menu diet. Hal tersebut karena bagian luar dari lada hitam diteliti mengandung senyawa bernama fitonutrien, yang mana dapat mendorong pemecahan sel-sel lemak.

{4.} Melawan arthritis
Kandungan piperin pada lada hitam dipercaya dapat membantu mengobati penyakit arthritis. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut bersifat anti-rematik dan anti-inflamasi. Selain itu lada hitam atau merica ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat mencegah munculnya nyeri pada sendi. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa lada hitam dapat membantu berbagai gejala dari penyakit rematik.

{5.} Melawan kanker
Perlu diketahui bersama bahwa lada hitam juga memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, sehingga layak untuk dijadikan obat anti-kanker, terkhusus kanker payudara dan usus besar.

Hal ini juga sejalan dengan sebuah studi yang dilakukan oleh St Louis University di Missouri, yang mana menerangkan bahwa lada hitam dapat membantu tubuh menghambat profilferasi sel usus. Dampaknya pun baik terhadap penyakit-penyakit serius lainnya, seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi dan diabetes.

{6.} Menjaga kesehatan mulut
Lada hitam dapat digunakan untuk mengatasi masalah gusi berdarah dan bau mulut. Selain itu lada hitam juga dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan pada gusi dan gigi, sehingga cocok untuk dijadikan obat bersama dengan air garam.

Baca juga
Kesimpulan
Agar khasiat dan manfaat lada hitam bagi kesehatan di atas dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus menerapkannya secara konsisten. Sedangkan untuk pengolahannya sendiri bisa dipadukan menjadi rempah masakan sehari-hari ataupun dimakan tersendiri dengan cara dijadikan bubuk terlebih dahulu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan Tubuh