Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Khasiat dan Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

Sukun merupakan buah yang termasuk ke dalam keluarga Moraceae, yang berarti masih bersaudara dengan buah nangka, kluwih, dan ara. Buah ini banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Di Indonesia sendiri sukun banyak diolah sebaga cemilan dengan cara digoreng, dibakar, ataupun dipanggang. Jika sudah tua, buah ini memiliki rasa yang manis, dengan aroma yang khas.

khasiat dan manfaat buah sukun bagi kesehatan

Menurut penelitian, buah sukun kaya akan nutrisi, termasuk di dalamnya ada kalium, tembaga, zat besi, kalsium, zinc, mangan, fosfor, selenium, magnesiun, riboflavin, niasin, dan thiamin. Selain itu, sukun juga rendah lemak jenuh, sodium, dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi untuk semua orang. Untuk lebih mengetahui akan khasiat dan manfaat buah sukun bagi kesehatan, mari simak penjelasan berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

{1.} Menjaga kesehatan kardiovaskular
Sukun mengandung kalium yang baik bagi jantung. Bahkan kalium juga mampu menurunkan tekanan darah, serta mengatur denyut jantung dengan cara mengurangi efek natrium. Selain itu, buah sukun juga diteliti dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik, sehingga cocok untuk organ-organ kardiovaskular.

{2.} Melawan infeksi
Kandungan antioksidan pada buah sukun dapat meningkatkan resistensi tubuh terhadap agen penyebab infeksi. Selain itu, buah ini juga dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, sehingga cocok untuk menurunkan risiko penuaan dini dan penyakit lainya terkait dengan usia.

{3.} Sumber energi
Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi, sehingga aktivitas dapat berjalan dengan lancar. Terutama pada atlet dan gym. Di sini buah sukun dapat dijadikan sumber karbohidrat yang baik. Belum lagi nutrisi lainnya yang dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

{4.} Mengobati diabetes
Buah sukun juga mengandung serat. Itu berarti buah ini mampu membantu menghambat penyerapan glukosa dari makanan yang dikonsumsi, sehingga diabetes dapat dikendalikan. Selain itu, senyawa tersebut juga sangat dibutuhkan oleh pankreas, sebagai cara organ tersebut untuk memproduksi insulin bagi tubuh.

{5.} Menjaga kesehatan pencernaan
Selain membantu mengobati diabetes, serat pada buah sukun juga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan. Konsumsi sukun dapat membantu mengeluarkan racun dari usus, sehingga organ usus dapat bekerja jauh lebih baik, dan masalah-masalah pencernaan umum, seperti maag dan gastritis dapat dicegah. Selain itu, buah sukun juga dipercaya dapat melindungi selaput lendir usus, sehingga bahan-bahan kimia berbahaya, seperti kimia penyebab kanker dapat ditangkal.

{6.} Menjaga kesehatan rambut
Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi sukun adalah kandungan vitamin C di dalamnya yang dapat memfasilitasi penyerapan mineral dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan bagi rambut.

Baca juga
Kesimpulan » Dengan khasiat dan manfaat buah sukun bagi kesehatan yang begitu berlimpah, tidak ada salahnya untuk Anda mengonsumsinya secara teratur. Terlebih di Indonesia sendiri sukun banyak dibudidayakan dan mudah dicari di pasaran. Selain itu, pengolahannya pun mudah dan praktis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan Tubuh