Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Beberapa Ide Usaha Peternakan Hewan Yang Menguntungkan

Percaya atau tidak, banyak pengusaha peternakan hewan yang sukses dan menjadi orang kaya di Indonesia. Sebagian dari mereka bahkan memulai usaha hanya dari sebuah hobi, lalu berkembang menjadi komunitas, dan meluas menjadi suatu usaha yang sulit untuk tumbang. Namun tentunya untuk memulai usaha seperti itu tidaklah mudah. Butuh kerja keras, kerja cerdas, dan pengorbanan yang banyak.

ide usaha peternakan hewan yang menguntungkan

Tapi jika sudah berhasil, maka hasil yang dipetik akan sangat manis. Untuk itu, jika Anda sedang bingung ingin mulai membuat usaha apa, maka cobalah beberapa ide usaha peternakan hewan yang menguntungkan di bawah ini. Mungkin saja salah satunya bisa menginspirasi Anda dan cocok dengan apa yang diinginkan.

Beberapa Ide Usaha Peternakan Hewan Yang Menguntungkan

{1.} Semut jepang
Saat ini nama semut jepang banyak terdengar. Sebagian orang percaya bahwa semut jepang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan penyakit jantung dan diabetes pun kabarnya bisa diobati dengan semut ini.

Bentuk dari semut jepang sendiri berbeda dengan kebanyakan semut di Indonesia. Bentuknya lebih besar, seperti kumbang. Memiliki sayap, namun tidak dapat terbang dan warnanya hitam. Harga indukan dari semut ini tidak mahal dan bisa melahirkan dalam jumlah banyak dengan waktu kurang dari 3 bulan. Harga satuan dari semut ini sendiri beragam, mulai dari 1.000-10.000 rupiah. Sedangkan penangkarannya hanya dalam toples kecil dengan tambahan kapas. Tentu ini adalah bisnis peternakan modal kecil yang dapat sangat menguntungkan.

{2.} Ikan lele
Tidak banyak yang tahu bahwa berbisnis ternak ikan lele sangat menguntungkan. Mengapa? Karena ternak lele memiliki kemudahan yang lebih dibandingkan ikan-ikan lainnya. Dari segi tempat, lele bisa hidup meski dalam air yang keruh dan berlumut. Sedangkan untuk makanan sendiri tidak terlalu sulit. Ketika masih kecil, lele bisa diberi pelet, sedangkan ketika sudah dewasa, lele bisa diberi hewan mati, semisal ayam. Untuk panennya pun pada umumnya dalam jumlah besar, karena anak yang bisa dihasilkan oleh indukan bisa sangat banyak.

{3.} Cacing
Meskipun terlihat menjijikkan, ternyata ide usaha peternakan hewan yang menguntungkan sepeti cacing juga memiliki nilai yang tinggi di pasaran. Dengan ekosistem dan tempat peternakan yang mudah, Anda bisa memulai melakukan ternak cacing.

Cacing sendiri banyak digunakan diberbagai lini, mulai dari peternakan, farmasi, perikanan, pertanian, tempat-tempat pemancingan, hingga untuk kebutuhan kosmetik. Sedangkan persaingannya sendiri terbilang longgar, karena budidaya cacing tidak mengenal waktu atau musim. Sedangkan untuk harganya sendiri berkisar antara 40.000-60.000 rupiah per kilogram.

{4.} Burung puyuh
Mengingat begitu besarnya permintaan telur puyuh di Indonesia, membuat model peternakan burung puyuh adalah salah satu yang sangat menjanjikan. Untuk modal paling penting dalam usaha ini sendiri adalah indukan dari burung puyuh sendiri. Semakin banyak burung yang bisa dimiliki, maka telur yang dihasilkan setiap harinya akan semakin besar.

Baca juga
Kesimpulan
Empat ide usaha peternakan hewan yang menguntungkan tersebut bisa Anda pilih salah satunya yang menurut Anda paling cocok dan sesuai dengan modal. Hal mendasar yang harus diperhatikan saat memulai binis ternak hewan adalah kesabaran. Sama seperti para petani, berternak juga membutuhkan waktu untuk memanen. Sehingga bisnis seperti ini lebih tepat disebut sebagai bisnis jangka panjang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Ide Usaha Peternakan Hewan Yang Menguntungkan