Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Beberapa Ide Bisnis Musiman Yang Cukup Menjanjikan

Terkadang kita terikat dengan satu bisnis saja, sehingga melupakan peluang-peluang bisnis yang menghampiri. Padahal masih ada banyak peluang-peluang yang bisa dicoba dan tidak sedikit yang belum memiliki banyak pesaing, sehingga kemungkinan untuk berhasil amat besar. Salah satunya adalah peluang bisnis musiman.

ide bisnis musiman

Ada banyak bisnis tahunan yang jarang dijamah, sehingga mereka yang kreatif dapat mengambilnya dan bisa merasakan keuntungan yang besar. Untuk itu, Anda yang ingin berhasil seperti mereka pun harus memanfaatkan peluang, yaitu dengan mencoba salah satu dari beberapa ide bisnis musiman yang cukup menjanjikan berikut ini. 

Beberapa Ide Bisnis Musiman Yang Cukup Menjanjikan

{1.} Kebutuhan sekolah
Jika sekolah hampir tiba, maka itu adalah waktu yang tepat untuk Anda memulai bisnis musiman berjualan berbagai macam kebutuhan sekolah. Tentu fokus konsumennya adalah para orang tua yang sedang mencarikan untuk anak-anaknya berbagai peralatan belajar dan kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan sekolah, seperti baju seragam, aksesoris, sepatu, peralatan tulis, semisal buku dan pensil, serta berbagai macam kebutuhan lainnya.

Semua itu bisa Anda jadikan bisnis. Selain itu perhatikan juga lokasi berjualan. Membuka toko semi permanen di lokasi yang berdekatan dengan sekolah ataupun pasar, yang mana banyak orang tua datang ke sana adalah pilihan yang tepat.

{2.} Pakaian olahraga
Berjualan pakaian olahraga tidak pernah sepi peminat. Mengapa? Karena kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai beragam olahraga. Terlebih jika musim olahraga tersebut tiba. Misalnya saja olahraga bola, entah itu lokal maupun internasional. Para konsumen akan mencari berbagai macam pakaian dari tim kesayangannya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memborong aksesoris dengan harga yang mahal. Tentunya ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

{3.} Buah-buahan
Tentu jika membicarakan tentang bisnis musiman, buah adalah salah satu yang harus masuk di dalamnya. Hal ini karena sebagian masyarakat Indonesia bekerja sebagai tukang kebun, sehingga produksi buah-buahan dirasa masih menjanjikan untuk menjadi lahan bisnis.

Kunci utama dari berjualan buah musiman adalah mengetahui stok buah tersebut, memperhatikan harga yang berkembang, dan memiliki tempat berjualan yang strategis. Dengan mengetahui poin-poin tersebut, maka bisnis buah yang Anda jalankan akan berhasil dengan baik.

{4.} Hewan qurban
Ketika lebaran haji tiba, maka hewan-hewan seperti sapi dan kambing sangat laris di pasaran. Ini bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih jika kita bisa melihat peluang, memiliki banyak jaringan, dan modal yang memadai.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara menyiapkan modal untuk membeli atau menyewa kandang, karyawan, dan pakan serta kebutuhan ternak lainnya. Mempelajari mengenai cara berternak yang baik, menjaga kesehatan hewan, serta mengetahui harga di pasar juga penting.

{5.} Kebutuhan puasa dan lebaran
Sudah tradisi bahwa setiap puasa dan lebaran tiba, maka masyarakat di Indonesia akan berbondong-bondong memenuhi tempat perbelanjaan. Dari sinilah peluang bermunculan. Anda bisa menjual kue, makanan berbuka, pakaian untuk lebaran, peralatan shalat, hingga keperluan dapur.

Anda bisa menjual kebutuhan puasa dan lebaran di tempat-tempat strategis. Misalnya Anda ingin menjual makanan untuk berbuka puasa. Cobalah pilih tempat-tempat yang ramai saat sore hari. Selain itu, jika Anda ingin juga berjualan pakaian lebaran, coba sisihkan modal untuk menyewa toko di mall yang sekiranya ramai pengunjung.

Baca juga
Kesimpulan
Bisnis musiman memiliki untung dan rugi tersendiri dibandingkan bisnis pada umumnya. Untuk itu, setelah memilih salah satu dari beberapa ide bisnis musiman yang cukup menjanjikan di atas, ada baiknya Anda melakukan persiapan dengan matang, jauh-jauh hari sebelum musim tersebut tiba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Ide Bisnis Musiman Yang Cukup Menjanjikan