Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Promosi Produk Paling Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

Salah satu bagian terpenting dalam berbisnis jual-beli adalah melakukan promosi. Itu mengapa, banyak sekali mentor bisnis yang memberikan pengajaran mengenai teknik-teknik marketing, sehingga penjualan bisa ditingkatkan dan dimaksimalkan. Hal ini juga berlaku bagi Anda, baik pebisnis pemula maupun yang sudah berkembang besar.

cara promosi produk paling efektif

Namun begitu, promosi suatu produk bukanlah sesuatu yang mudah. Bisa jadi perencanaan yang sudah disusun ternyata hanya membuahkan kerugian, karena hasil yang didapat tidak sebanding dengan pendanaan promosinya yang besar. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini, Anda diajak untuk mengetahui apa saja cara promosi produk paling efektif yang bisa Anda coba dan praktekkan.

Cara Promosi Produk Paling Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

{1.} Memberikan beberapa produk secara gratis
Cara promosi yang pertama adalah dengan memberikan beberapa produk secara gratis kepada calon konsumen. Cara ini cocok untuk produk-produk baru, sehingga selain dapat mengambil minat pembeli, metode ini juga membuat produk tersebut lebih cepat dikenal.
Perlu diketahui juga, memberikan produk secara gratis perlu perhitungan yang matang, sehingga Anda tidak mengalami kerugian. Ada baiknya Anda menyisipkan dana untuk promosi semacam ini. Jika sudah banyak produk yang terjual, maka sisipkan pula dana untuk melakukannya, lagi dan lagi.

Anda juga bisa membuat program beli-gratis. Contohnya, Anda membuat promosi, siapa yang membeli 3 produk, mendapat 1 produk secara gratis. Kerugian akibat barang gratis bisa ditutupi dengan banyaknya produk yang terjual.

{2.} Menggunakan pamflet
Cara ini terbilang lama, namun cara promosi produk paling efektif akan dapat sangat efektif apabila produk yang Anda jual sangat dibutuhkan oleh orang banyak. Selain itu, pamflet juga memiliki kekuatan yang besar jika penjualannya terbatas pada suatu daerah saja.

Contohnya, Anda menjual produk sepatu dan mendirikan toko sepatu di suatu daerah. Anda bisa memasang pamflet di sekitar daerah tersebut. Orang-orang yang melihat pamflet tersebut setidaknya akan mengingat nama toko Anda. Cara ini cocok untuk meningkatkan penjualan dan branding.

{3.} Mencoba iklan online
Berbeda dengan pamflet, Anda bisa mengatur iklan yang ditampilkan, apakah hanya terpaku pada satu daerah atau mencakup secara luas. Dengan memasang iklan online, Anda juga bisa menargetkan siapa saja yang bisa melihat iklan Anda. Tentu hal ini akan lebih tertarget, khususnya bagi produk-produk berbasis digital ataupun yang tidak tabu, seperti produk elektronik, sandang, dan kebutuhan sehari-hari.

Untuk memulainya, Anda bisa mencoba Google Adwords ataupun Facebook Ads. Jika Anda pemula, ada baiknya menyewa jasa ahli.

{4.} Membangun viral
Sebagian orang menyangka bahwa viral hanya terdapat pada dunia maya. Padahal, viral juga bisa terjadi secara offline. Anda yang menjual suatu produk, terlebih produk tersebut unik dan belum memiliki banyak pesaing, dapat membangun viral, baik secara online maupun offline.

Caranya dengan memperkenalkan kepada orang-orang produk Anda tersebut. Mulai dari keluarga, tetangga, hingga mereka nantinya meperkenalkan produk-produk Anda dengan sendirinya. Sama halnya juga dengan di internet. Anda bisa memperkenalkannya di media sosial dan situs-situs lainnya.

Baca juga

Kesimpulan
Anda yang telah menerapkan cara promosi produk paling efektif di atas, lalu belum mendapatkan hasilnya, maka sebaiknya Anda merenungkan, apakah ada kesalahan yang dilakukan atau tidak. Karena kita tahu, faktor laku tidaknya suatu produk bisa ditentukan oleh banyak hal, seperti kualitas produk, harga, tempat berjualan, sikap penjual, pesaing, dan lain sebagainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Promosi Produk Paling Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan