Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengurangi Keringat Di Ketiak Yang Berlebihan

Keringat merupakan keadaan alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk membantu mengatur suhu tubuh, sehingga udara panas menguap dan tubuh menjadi lebih dingin. Meski begitu, terkadang keringat berlebih dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Terlebih keringat tersebut muncul di ketiak, sehingga menciptakan area basah yang melekat pada pakaian.

cara mengurangi keringat di ketiak

Selain itu, terkadang keringat ketiak berlebih juga menimbulkan bau yang tidak sedap dan menambah tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Untuk itu, dibutuhkan penanganan dan cara mengurangi keringat di ketiak yang berlebihan dengan baik dan benar. Beberapa di antaranya dapat Anda ketahui pada pembahasan berikut.

Cara Mengurangi Keringat Ketiak Yang Berlebihan

{1.} Mandi teratur
Mandi teratur sangat penting untuk menjaga badan tetap bersih, sehingga dapat menghilangkan bakteri serta kuman yang bila tercampur dengan keringat akan menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, mandi juga dapat mengatur pengeluaran keringat, sehingga ketiak tidak akan mudah basah.

Setidaknya mandi sebanyak 1-2 kali sehari. Jika Anda berada di lingkungan yang lembab, cobalah untuk tidak memakai baju terlebih dahulu beberapa menit setelah mandi. Jika tidak, Anda mungkin akan langsung berkeringat ketika menggunakan pakaian.

{2.} Menggunakan baju bersih
Sangat penting pula menjaga pakaian yang Anda pakai benar-benar bersih. Jika pengeluaran keringat ketiak Anda memang benar-benar banyak, maka ganti baju lebih sering dari biasanya.

{3.} Mencukur rambut ketiak
Bisa jadi rambut yang lembat pada ketiak menjadi penyebab utama munculnya banyak keringat. Untuk itu, rajin-rajinlah mencukur rambut ketiak, minimal sebulan sekali. Jika ingin lebih baik, maka jangan cukur ketiak, melainkan mencabutnya. Sehingga rambut tidak akan mudah tumbuh.

{4.} Menggunakan ramuan herbal
Ada banyak ramuan herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi keringat ketiak sebagai ganti deodaran yang kadang tidak berpengaruh banyak. Misalnya saja ramuan dari lidah buaya, tomat, cuka, dan semangka. Anda bisa mengolah salah satu bahan tersebut menjadi jus, lalu oleskan secara langsung ke area ketiak secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa membuat jus dari buah tomat, lalu mengonsumsinya setiap hari. 

{5.} Pengobatan medis
Jika keringat berlebih yang diproduksi oleh kulit pada ketiak masih belum bisa ditahan, mungkin saja Anda membutuhkan perawatan medis. Pada umumnya dokter umum akan memberikan obat topikal yang spesifik dan biasanya berbasis alumunium. Namun begitu, jika situasi yang Anda alami tampak parah, maka obat yang dianjurkan bisa berbeda dan lebih kuat.

Dalam beberapa kasus, obat minum antikolinergik, seperti Rubinol direkomendasikan untuk menahan keringat muncul. Bisa pula menggunakan suntikan obat onabotulinumtoxina dan biasanya obat ini sangat manjur, namun membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Jika Anda ingin pengobatan yang lebih tahan lama, maka Anda bisa melakukan iontophoresis ataupun botox. Biasanya suntikan botox akan membuat keringat pada ketiak terkontrol hingga 6 bulan lamanya. Namun begitu, pengobatan seperti ini diperlukan konsultasi yang intensif bersama dengan para ahli. 

Baca juga
Kesimpulan
Setelah membaca pembahasan mengenai cara mengurangi keringat di ketiak yang berlebihan di atas tentunya Anda sudah mengerti bahwa proses pengeluaran keringat sangat diperlukan tubuh. Oleh sebab itu, jika tidak terlalu menggangu, sebaiknya lakukan cara-cara sederhana, seperti mengganti pakaian dan mandi teratur. Namun jika sudah parah, barulah lakukan pengobatan medis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengurangi Keringat Di Ketiak Yang Berlebihan