Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah Pecah

Bibir merupakan salah satu bagian terluar dari tubuh manusia. Selain digunakan untuk mengonsumsi makanan ataupun mengecap, bibir juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi penampilan seseorang. Sayangnya, sebagian orang tidak memperhatikan tentang kesehatan dari organ ini. Sehingga bermunculanlah berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah bibir kering dan pecah-pecah.

cara mencegah bibir kering dan pecah pecah

Bibir yang kering dan pecah-pecah tentu bukan hanya merusak penampilan, namun juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya bibir kering menimbulkan gejala-gejala umum lain, seperti terjadinya pengelupasan, kemerahan, retak, dan rasa nyeri. Untuk penyebabnya sendiri bermacam-macam, mulai karena alergi, dehidrasi, kekurangan vitamin, merokok, hingga karena paparan sinar matahari. Untuk menghindari keadaan ini, ada baiknya Anda menerapkan beberapa cara mencegah bibir kering dan pecah pecah pada pembahasan berikut.

Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah Pecah

{1.} Konsumsi banyak air
Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pacah adalah dehidrasi, sedangkan dehidrasi sendiri diakibatkan karena tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, penting bagi Anda yang ingin terhindar dari bibir pecah-pecah untuk mengonsumsi banyak cairan setiap hari. Para ahli sendiri menyarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari.

{2.} Konsumsi vitamin
Seperti yang disebutkan sebelumnya, bibir kering dan retak juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin. Untuk itu, pastikan Anda mendapatan vitamin yang cukup dan konsisten, khususnya vitamin B. Selain itu, asupan zat besi, asam lemak esensial, suplemen mineral, serta multivitamin lainnya pun ada baiknya dikonsumsi secara teratur.

{3.} Gunakan pelembab
Selain mencegah dari dalam dengan mengonsumsi mineral dan vitamin, Anda juga bisa mencegah bibir dari dehidrasi dari luar dengan cara menggunakan pelembab. Tentu saat ini sudah banyak produk pelembab yang bisa Anda beli dan pakai. Namun jika ingin lebih aman, cobalah buat pelembab dengan bahan herbal. Contohnya saja menggunakan minyak kelapa.

{4.} Hindari penyebab alergi
Jika Anda memiliki suatu alergi dan imbasnya terhadap bibir sangat besar, maka cobalah hindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi tersebut. Pada umumnya alergi pada bibir disebabkan oleh suatu bahan pewarna ataupun wewangian. Selain itu, pasta gigi dan lipstik pun umum menjadi penyebabnya.

{5.} Mengubah pola hidup
Pola hidup sehat sangat baik bagi tubuh. Khusus untuk kasus ini, cobalah untuk lebih menjaga kesehatan dan keamanan dari bibir Anda. Hindari terlalu lama terkena sinar matahari langsung. Selain itu, hindari pula terlalu banyak menjilat dan mengigit bibir.

Anda juga harus menghindari makanan-makanan yang mungkin menjadi penyebab dari bibir pecah-pecah dan kering. Contohnya saja makanan dengan rasa pedas ataupun asam, seperti cabai, saus, dan mangga. Biasanya sifat pedas dan asam akan menimbulkan iritasi pada kulit bibir.

Selain itu, ada satu lagi pola hidup yang harus Anda coba ganti, yaitu hindari terlalu banyak bernapas dengan mulut. Seperti yang kita tahu, bernapas yang baik adalah dengan menggunakan hidung, karena hidung sudah didesain dengan baik untuk menyaring udara. Berbeda halnya dengan mulut, yang lebih baik digunakan untuk mengonsumsi makanan. Sedangkan untuk bernapas biasa akan menimbulkan banyak dampak buruk. Salah satunya membuat bibir kering. 

{6.} Perhatikan penggunaan obat
Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghindari bibir dari kerusakan adalah dengan memperhatikan obat yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan efek samping berupa bibir yang mengering. Misalnya saja obat untuk depresi, nyeri, jerawat parah, dan alergi.

Baca juga
Kesimpulan » Jika cara mencegah bibir kering dan pecah pecah di atas masih belum dapat membuat bibir Anda selamat, maka mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan ahli atau dokter. Nantinya dokter akan melakukan diagnosa dan memberikan pengobatan yang cocok untuk Anda. Perlu diperhatikan pula bahwa ada beberapa keadaan yang mengharuskan Anda benar-benar pergi ke dokter. Misalnya saja ketika bibir mengalami kering disertai luka yang tidak sembuh-sembuh, rasa nyeri yang sangat, ataupun terjadi pembengkakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah Pecah