Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips dan Cara Agar Wajah Bebas Dari Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami orang baik laki-laki maupun perempuan. Biasanya kasus ini bermula pada remaja yang baru mengalami pubertas. Jerawat adalah suatu kondisi fisik dimana kulit mengalami bintik-bintik berisi nanah yang meradang karena pori-pori kulit tersumbat. Jerawat biasanya muncul di area wajah namun tidak jarang juga muncul di punggung juga.


Tentu dengan munculnya jerawat sangat mengganggu penampilan dan membuat kulit semakin sensitive. Untuk itu, perlu ada perawatan khusus dan cara agar wajah bebas dari jerawat yaitu mengetahui penyebabnya dan mengobatinya secara alami tanpa bantuan zat kimia lainnya. Silahkan disimak di bawah ini.

Tips dan Cara Agar Wajah Bebas Dari Jerawat

{1.} Penyebab Datangnya Jerawat
  • Jerawat bisa muncul karena faktor genetik atau keturunan. Jadi jika orang tua anda memiliki riwayat berjerawat, besar kemungkinan kulit anda mudah kena jerawat.
  • Mengalami infeksi karena kuman-kuman di sekitar, seperti misalnya ketika ada satu jerawat atau komedo yang anda pencet menggunakan jari tangan bisa memicu jerawat di area lain karena kulit mengalami infeksi.
  • Kadar minyak berlebihan yang dihasilkan oleh hormon progesteron juga bisa menyebabkan jerawat timbul. Biasanya produksi berlebih kadar minyak ini terjadi pada wanita yang sedang hamil atau datang bulan.
  • Orang yang memiliki jenis kulit berminyak biasanya lebih besar berpotensi memiliki jerawat, namun tidak menutup kemungkinan yang kulitnya jenis kering bisa timbul jerawat juga.
  • Hindari stress karena pikiran yang tidak rileks atau stress memicu metabolism tubuh bekerja tidak sempurna sehingga menyebabkan jerawat timbul.
{2.} Tips Wajah Bebas Dari Jerawat
  • Perbanyak minum air putih, agar kelembaban tetap terjaga dan kadar minyak dalam wajah juga menurun. 
  • Segarkan wajah anda dengan mengompresnya menggunakan es batu. Karena selain memberikan efek menyegarkan, es batu yang diusapkan pada wajah juga mampu mengangkat kotoran dan kuman serta minyak berlebih yang bersembunyi di balik pori-pori kulit.
  • Oleskan madu di kulit wajah anda dan diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Kulit wajah anda akan terasa kencang, halus dan bebas jerawat.
  • Usahakan rambut anda selalu rapi dan tidak menempel pada kulit wajah. Karena minyak yang ada pada rambut bisa memicu datangnya jerawat.
  • Air lemon sebagai facial wash  juga cukup ampuh untuk mengurangi permasalahan minyak berlebih pada kulit wajah anda yang sering menjadi penyebab utama munculnya jerawat.
Baca juga
Yang terpenting cara agar wajah anda terbebas dari jerawat adalah rutin mencuci muka minimal dua kali sehari yaitu setelah bepergian dan ketika akan tidur. Bagi anda para remaja pria maupun wanita, jangan malas untuk membersihkan make-up yang menempel di wajah setelah selesai beraktifitas, karena bahan kimia yang ada pada make-up bisa tinggal dan menumpuk di sela pori-pori kulit dan mengakibatkan jerawat. Makanlah buah-buahan serta sayuran yang memiliki kandungan antioksidan alamiah agar kulit tetap sehat. Bye-bye jerawat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips dan Cara Agar Wajah Bebas Dari Jerawat