Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Minyak Buah Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun merupakan lemak yang dihasilkan oleh buah pohon zaitun (Olea europaea). Penekanan pada buah zaitun menyebabkan minyak keluar. Meski pengolahannya terlihat sederhana, namun dalam beberapa kasus bisa jadi ekstrak minyak didapat dengan tambahan pelarut dari bahan kimia. Sedangkan untuk penggunaannya sendiri banyak terdapat pada bahan-bahan kosmetik, sabun, bahan memasak, obat-obatan dan bahan bakar untuk lampu tradisional.

manfaat minyak buah zaitun

Banyak penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan mengenai minyak dari buah yang banyak terdapat di daerah Mediterania ini. Hal tersebut mungkin dikarenakan penggunaan minyak zaitun yang sudah ada sejak zaman dahulu sebagi obat banyak masalah kesehatan. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui apa saja manfaat minyak buah zaitun untuk kesehatan yang mungkin sama dengan masalah yang sedang Anda hadapi.

Manfaat Minyak Buah Zaitun untuk Kesehatan

{1.} Membantu mengurangi diabetes tipe 2
Penggunaan minyak zaitun sebagai tambahan diet sehat dipercaya dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50 persen dibandingkan dengan diet rendah lemak. Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan di Spanyol.

{2.} Menurunkan berat badan
Minyak zaitun juga dipercaya dapat membuat orang yang mengonsumsinya terasa kenyang. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh konsentrasi tinggi dari hormon yang bernama serotonin. Hal tersebut juga dibuktikan dari penelitian yang melibatkan yogurt tanpa lemak, yang memang salah satu bahan bakunya adalah minyak zaitun.

{3.} Menjaga kesehatan jantung
Khasiat lainnya dari minyak zatun yang tidak kalah penting adalah untuk memperlambat proses penuaan jantung. Konsumsi minyak zaitun secara teratur dipercaya dapat membantu mengatur keseimbangan manakala terkena penyakit kardiovaskular.

{4.} Menurunkan kolesterol jahat
Minyak zaitun juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Pernyataan ini didapat dari beberapa penelitian. Salah satunya adalah penelitian yang mana pasien rawat jalan yang jumlahnya 28 orang diberi suplemen minyak zaitun sekali dalam sehari selama 6 minggu. Hasilnya mereka mengalami penurunan total terhadap kolesterol jahat dan kenaikan rasio kolesterol baik.

{5.} Menjaga kesehatan tulang
Dalam sebuah studi disebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi minyak zaitun dipercaya memiliki kadar protein osteocalcin pada tubuh lebih tinggi daripada yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Sedangkan protein tersebut dipercaya memiliki khasiat sebagai pelindung bagi tulang.

{6.} Menyehatkan rambut
Sudah sangat terkenal bahwa minyak zaitun memiliki efek yang baik bagi rambut. Hal ini karena sifat kondisioner alaminya yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada rambut, sekaligus melembutkannya. Kemungkinan hal tersebut dikarenakan kandungan dari minyak zaitun itu sendiri, yang memang kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, B1, B2, C, D, E, K hingga zat besi.


Kesimpulan
Selain 6 manfaat minyak buah zaitun untuk kesehatan di atas, sebenarnya masih banyak lagi khasiat-khasiat lainnya yang bisa didapat kala menggunakan minyak zaitun. Sebut saja manfaatnya untuk menurunkan depresi, menjaga kesehatan kulit, mengurangi risiko terkena kanker kulit dan menjaga kesehatan pencernan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Minyak Buah Zaitun Untuk Kesehatan