Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan Tubuh

Daun kemangi merupakan daun yang berasal dari tanaman kemangi, salah satu varietas yang masih satu keluarga dengan tanaman peppermint. Saat ini daun kemangi banyak diolah menjadi bumbu rempah-rempah masakan. Selain itu daun herbal ini juga sering digunakan sebagai obat rumahan. Hal tersebut dikarenakan kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral.

khasiat dan manfaat daun kemangi

Menurut penelitian, daun kemangi mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, C dan K. Selain itu daun ini juga kaya akan mineral, mulai dari kalsium, magnesium, iron, potasium, zinc, sodium, mangan dan phosphorus. Hal tersebut yang membuat kemangi menjadi bumbu dapur sekaligus bahan antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Untuk lebih mengenal mengenai tanaman ini, ada baiknya Anda membaca beberapa khasiat dan manfaat daun kemangi pada daftar berikut.

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan 

{1.} Mengobati pilek dan demam
Ada beberapa penyakit umum atau musiman yang bisa diatasi dengan menggunakan daun kemangi dan salah satunya adalah demam disertai pilek. Anda bisa menggunakan daun ini dengan dikunyah langsung. Selain itu, daun kemangi juga dapat mengobati serta mengantisipasi demam yang mungkin terjadi akibat penyakit demam berdarah ataupun malaria.

{2.} Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan yang ada pada daun kemangi dipercaya dapat meningkatkan produksi antibodi pada tubuh, sehingga berdampak pada kalahnya infeksi hingga mencapai 20 persen. Untuk hasil terbaik, konsumsi daun kemangi yang masih segar, bukan kering.

{3.} Menghilangkan stres
Senyawa kimia yang ada pada daun kemangi juga bersifat anti-stres. Hal tersebut juga dibuktikan oleh sebuah penelitian, yang mana menghasilkan jawaban bahwa daun kemangi memiliki kemampuan untuk membantu memberi perlindungan bagi tubuh terhadap stres. Para ahli kesehatan memberikan rekomendasi untuk mengonsumsi 10 hingga 12 helai daun kemangi sebanyak 2 kali dalam sehari agar stres dapat dicegah. Selain itu, mengunyah daun ini setiap hari juga dipercaya dapat membersihkan darah dari racun dan kotoran lainnya.

{4.} Menjaga kesehatan mata
Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun kemangi memiliki kandungan vitamin A, yang notabene sangat diperlukan oleh mata. selain itu vitamin A yang bersifat antioksidan pada daun kemangi juga dapat membantu mengobati buta pada malam hari ataupun penyakit mata lainnya. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengonsumsi daun ini sebanyak 100 gram per hari. Selain itu ketika sakit mata Anda juga bisa meneteskan jus kemangi hitam 2 tetes saja ke dalam mata.

{5.} Mencegah jerawat
Daun kemangi juga memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Dengan sifat antibakteri, daun kemangi sangat cocok untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, mengoleskan jus kemangi ke kulit juga dipercaya dapat mengobati pori-pori yang tersumbat. Bahkan masalah-masalah kulit yang lebih serius, seperti gigitan serangga, psoriasis ataupun kurap bisa diatasi dengan daun ini.

Baca juga
Kesimpulan
Selain 5 khasiat dan manfaat daun kemangi di atas, Anda juga bisa menggunakan daun herbal ini sebagai obat sakit kepala, sakit perut, menjaga kesehatan mulut dan juga menyembuhkan batuk. Agar bisa menggunakan daun kemangi setiap saat, Anda bisa membuat ramuan tersebut untuk jangka panjang dengan cara dimasukkan ke dalam kantong plastik, lalu tempatkan di lemari es.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan Tubuh