Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Khasiat dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat. Ada banyak kandungan nutrisi pada brokoli yang menjadikannya layak untuk dikonsumsi. Sebut saja di antaranya ada vitamin K, vitamin C, folat, serat, selenium, kalium, vitamin A, vitamin B6, triptofan, mangan dan fosfor.

khasiat dan manfaat brokoli

Selain itu masih ada banyak lagi kandungan pada brokoli yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Termasuk juga senyawa organik yang unik, seperti flavonoid, antioksidan serta glucosinolates phytonutrisi, yang mana semua senyawa tersebut memiliki andil dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa khasiat dan manfaat brokoli pada pembahasan berikut.

Khasiat dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

{1.} Mencegah kanker
Selain senyawa yang disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi kandungan bermanfaat yang ada pada brokoli. Salah satunya adalah glucoraphanin, sebuah senyawa anti-kanker. Fokus fungsinya adalah untuk mencegah keberadaan H.pylori, bakteri yang diteliti dapat meningkatkan risiko terkena kanker lambung.

Selain itu brokoli juga diteliti mengandung indole-3-carbinol, sebuah senyawa kuat yang termasuk ke dalam jenis antioksidan dan anti-karsinogen. Senyawa ini dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, prostat serta kanker leher rahim. Selain itu senyawa tersebut juga dapat meningkatkan fungsi organ hati.

{2.} Menghindari reaksi alergi
Salah satu kandungan brokoli, yaitu kaempferol, diteliti dapat mengurangi dampak zat alergi pada tubuh. Selain itu brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga bersifat anti-inflamasi.

{3.} Menjaga kesehatan jantung
Sifat anti-inflamasi yang hadir pada isothiocyanates, salah satu kandungan brokoli, dipercaya dapat mencegah atau bahkan memperbaiki kerusakan pada lapisan pembulu darah, yang mana biasanya disebabkan oleh peradagan akibat penyakit gula darah kronis.

{4.} Menjaga tekanan darah tetap normal
Brokoli juga kaya akan kromium, salah satu jenis mineral yang dapat meningkatkan fungsi insulin, sekaligus juga mengatur gula darah, sehingga dampaknya sangat berhubungan erat dengan tekanan darah. Selain itu brokoli juga kaya akan vitamin dan omega-3 asam lemak yang dapat sangat membantu menjaga stabilitas tekanan darah.

{5.} Mencegah anemia
Anemia sering dikaitkan dengan kekurangan protein tertentu serta zat besi. Dalam hal ini brokoli dapat menangani kekurangan tersebut. Konsumsi brokoli juga semakin penting dikarenakan brokoli mengandung tembaga dan mineral lainnya yang dapat membantu meningkatkan proses produksi sel darah merah.

{6.} Menjaga kesehatan tulang
Seperti dijelaskan sebelumnya, brokoli kaya akan kalsium, selain itu ada pula fosfor, zinc dan magnesium. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko osteoporosis serta meningkatkan kekuatan gigi dan tulang, baik terhadap anak-anak maupun orang dewasa, terutama pada ibu hamil dan menyusui.

Baca juga
Kesimpulan
Tentunya masih ada banyak lagi khasiat dan manfaat brokoli. Misalnya saja untuk membantu perawatan mata, termasuk juga katarak,sebagai diet sehat, detoksifiksi tubuh dari racun serta sebagai asupan lengkap antioksidan. Sedangkan untuk cara pengolahannya sendiri bisa dipadukan dengan bahan makanan lainnya. Namun ingat bahwa jangan memasak brokoli terlalu matang, karena akan berdampak pada menghilangnya sebagian zat-zat yang bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh