Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Alami

Panu atau tinea versicolor merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak pada kulit berwarna putih. Selain itu terjadi pula gejala-gejala lainnya, seperti pengelupasan, sedikit gatal dan kadang kemerahan. Penyebabnya sendiri dikarenakan infeksi oleh jamur bernama Malassezia globosa dan penyebarannya kebanyakan dialami oleh masyarakat di lingkungan beriklim lembab dan hangat.

cara menghilangkan panu

Panu dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja. Namun yang paling umum adalah pada leher, lengan, punggung dan dada, mirip dengan pigmentasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melawan panu. Jika Anda ingin melakukannya secara konvensional, maka gunakan obat salep anti jamur. Namun jika ingin lebih sederhana, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat berikut ini.

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Alami

{1.} Yogurt
Yogurt mengandung probiotik yang dapat mencegah infeksi dan pertumbuhan jamur. Selain itu yogurt juga dapat membantu mempromosikan penyembuhan panu dengan cepat dan mencegahnya datang kembali. Anda bisa menggunakan yogurt polos dengan cara diterapkan secara langsung ke area panu. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu cuci dengan air hangat. Selain itu Anda juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi 2 hingga 3 gelas yogurt setiap hari.

{2.} Minyak kelapa
Kandungan pada minyak kelapa dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai infeksi jamur, termasuk juga panu. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemaknya yang dapat digunakan sebagai fungisida alami, sehingga pertumbuhan jamur dapat dihentikan dengan lebih cepat.

Untuk penerapannya, Anda bisa mengoleskan secara langsung minyak kelapa ke bagian kulit berpanu, lalu diamkan hingga kering. Anda juga bisa mencampurkan 1 sdm minyak kelapa dengan 5 tetes minyak kayu manis. Setelah itu oleskan ke area panu, diamkan selama 2 menit, lalu cuci dengan air hangat.

{3.} Bawang putih
Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk mengobati panu dengan cepat. Dengan sifat antijamur-nya, bawang putih dipercaya dapat menghentikan tumbuhnya jamur, sekaligus membantu mengurangi rasa gatal.

Anda bisa membuat bawang putih menjadi jus. Setelah itu oleskan ke area kulit yang berpanu. Diamkan selama 20 menit, kemudian cuci atau bersihkan sembari mandi. Anda juga bisa mengonsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih yang dicampur dengan air hangat. Waktu konsumsi terbaik adalah pada pagi hari, ketika perut masih kosong.

{4.} Cuka sari apel
Cara lainnya yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan panu adalah dengan menggunakan cuka apel. Dengan sifat antimikroba-nya, cuka apel dapat membantu mengendalikan pertumbuhan jamur yang berlebih, sekaligus juga mencegah infeksi tidak kembali lagi.

Untuk penerapannya, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air. Setelah itu terapkan ke area panu dengan menggunakan bola kapas. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air hangat. Cara ini bisa Anda lakukan setiap hari selama beberapa minggu.


Kesimpulan
Panu memang merupakan penyakit yang bukan hanya menggangu aktivitas, namun juga menurunkan rasa percaya diri. Untuk itu, keempat cara menghilangkan panu dengan cepat di atas sebaiknya Anda terapkan dengan maksimal dan konsisten.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Alami