Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami dan Aman

Pori-pori pada kulit wajah merupakan suatu hal yang penting. Namun berbeda ceritanya manakala keadaan pori-pori tersebut terlalu lebar. Hal ini karena keadaan pori-pori seperti itu dapat meningkatkan risiko terserang berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Terlebih jika orang tersebut memiliki jenis wajah yang mudah berminyak.

cara mengecilkan pori-pori wajah

Keadaan pori-pori yang lebar, manakala dibaregi dengan produksi sebum yang tinggi dan melekatnya partikel kotoran serta bakteri akan membuat keadaan wajah menjadi buruk dan terlihat tidak terawat. Belum lagi terpaan sinar matahari, yang membuat keadaan pori-pori semakin membesar, sehingga mungkin saja menyebabkan kerusakan kolagen. Untuk itu, sebelum semuanya terlambat, alangkah baiknya untuk Anda menerapkan beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah berikut ini.

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami

{1.} Es
Es memiliki efek yang baik, yaitu untuk mengencangkan kulit, sehingga pori-pori akan mengecil. Selain itu es jika dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi serta memberi khasiat baik bagi kesehatan kulit.

Untuk penerapannya, Anda bisa membungkus beberapa es ke dalam kain bersih. Selanjutnya letakkan kompres es tersebut ke area wajah. Lakukan cara ini beberapa kali selama 15 hingga 30 detik saja.

{2.} Putih telur
Sama halnya dengan es, putih telur juga memiliki efek mengencangkan kulit, sehingga pori-pori dapat dikecilkan. Selain itu putih telur juga memiliki beberapa khasiat lainnya yang baik, khususnya bagi jenis kulit yang terlalu banyak memproduksi sebum (minyak).

Anda bisa terlebih dahulu memisahkan putih dari kuning telur. Selanjutnya terapkan putih telur langsung ke seluruh area wajah. Diamkan hingga kering seperti masker. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan metode ini 2 kali dalam seminggu.

{3.} Cuka sari apel
Ada banyak manfaat yang dihasilkan oleh cuka sari apel dan salah satunya adalah untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit. Selain itu kandungan pada cuka apel juga dipercaya dapat menyeimbangkan keadaan pH pada wajah. Sifat antimikroba serta anti-inflamasi pada cuka apel pun sangat efektif untuk melawan jerawat.

Untuk pengolahannya, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air. Setelah itu terapkan ramuan ke seluruh bagian wajah menggunakan bola kapas. Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci. Anda bisa menggunakan metode ini setiap malam. Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum pemakaian dan gunakan pelembab ringan setelahnya

{4.} Baking soda
Anda bisa menggunakan baking soda sebagai bahan alami untuk exfoliasi (pengelupasan kulit), sehingga kulit lebih lembut, pori-pori mengerucut, kelebihan minyak teratasi serta berbagai kotoran serta sel kulit mati dapat disingkirkan. Selain itu baking soda juga cocok untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit dan melawan berbagai masalah kulit, semisal jerawat.

Pengolahannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air hangat dengan 2 sdm baking soda. Setelah itu terapkan pada wajah sembari dipijat melingkar. Akhirkan dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Baca juga
Kesimpulan
Perlu diketahui bersama bahwa pori-pori yang membesar bisa juga disebabkan oleh faktor usia, genetika, rutinitas perawatan yang buruk, pola hidup yang tidak baik dan stres. Oleh sebab itu, dampingi beberapa cara mengecilkan pori pori wajah di atas dengan mengubah berbagai pola hidup yang buruk. Mulailah untuk berolahraga, menjaga pikiran tetap positif dan konsumsi makanan bernutrisi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami dan Aman