Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengatasi Kulit Telapak Tangan Yang Mengelupas

Terkelupasnya kulit pada telapak tangan merupakan cara bagi tubuh sekaligus tanda bahwa kulit terkena infeksi atau masalah lainnya, seperti dehidrasi, sengatan sinar matahari, ruam, kemerahan, terbakar, gatal-gatal, lecet, genetika hingga terkena penyakit kulit yang lebih parah, semisal psoriasis. Selain itu terkelupasnya kulit telapak tangan juga bisa disebabkan karena faktor periode. Ada waktu-waktu tertentu yang mana memang sebuah lapisan kulit secara alami diganti oleh lapisan yang baru.


Memang pada dasarnya pengelupasan amatlah baik. Namun jika berlebihan atau dalam jangka waktu yang panjang akan membuat penampilan telapak tangan terlihat kurang baik dan tangan juga akan terasa lebih kasar. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui apa saja cara mengatasi kulit telapak tangan yang mengelupas, sehingga nantinya proses pengelupasan ini akan berlangsung lebih cepat dan sehat.

Cara Mengatasi Kulit Telapak Tangan Yang Mengelupas 

{1.} Madu dan susu
Anda bisa mencampurkan 2 sdm susu tinggi lemak dengan 1 sdm madu. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut ke area telapak tangan sembari dipijat lembut. Selanjutnya diamkan agar telapak lebih lembab. Anda juga bisa merendam telapak tangan ke dalam susu hangat selama 10 hingga 15 menit setiap hari dan akhiri dengan membersihkannya menggunakan air bersih.

{2.} Pisang
Campurkan pisang matang dengan krim asam, 1 sdm minyak zaitun dan sedikit gula bubuk. Selanjutnya terapkan ramuan pisang tersebut ke seluruh area telapak tangan. Metode ini sangat cocok sebagai obat alami merawat kulit yang terkelupas.

{4.} Mentimun
Mentimun juga dapat mengatasi telapak tangan yang terkelupas, karena berkhasiat sebagai pelembab kulit, sehingga kekeringan dapat dicegah. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa memarut mentimun, lalu terapkan ke telapak tangan. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu cuci hingga bersih.

{5.} Daun mint
Oleskan jus dari daun mint ke area yang terkelupas. Lakukan cara ini setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain mengatasi kulit terkelupas, jus daun mint juga dipercaya dapat mencegah kulit kering.

{6.} Cuka sari apel
Cuka apel memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk mengatasi terkelupasnya kulit pada telapak tangan. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mencampurkan 1 cangkir cuka sari apel dengan air secukupnya. Setelah itu rendam telapak tangan ke dalam ramuan tersebut selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya bersihkan tangan dengan kain, lalu oleskan minyak lavender agar kulit lebih lembab.

{7.} Lidah buaya
Selain berkhasiat untuk rambut, lidah buaya juga banyak digunakan untuk perawatan kulit, termasuk kulit yang mengelupas. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengambil dahulu gel dari lidah buaya. Selanjutnya oleskan ke telapak tangan. Nantinya sifat penenang pada gel ini juga akan mendinginkan dan membantu melawan peradangan.

Baca juga
Kesimpulan
Imbangi penggunaan beberapa cara mengatasi kulit telapak tangan yang mengelupas di atas dengan mengonsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup setiap hari. Air putih sangat bermanfaat untuk membantu kulit tetap terhindrasi, sehingga pengelupasan dapat hilang dengan cepat. Selain itu Anda juga bisa menggunakan berbagai minyak esensial, termasuk almond dan zaitun agar kulit semakin lembab.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Kulit Telapak Tangan Yang Mengelupas