Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tempat Wisata Kuliner Populer di Kota Solo

Solo atau Surakarta adalah salah satu kawasan spektakuler di Jawa Tengah. Sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, Solo bukan hanya menyajikan beragam tempat wisata hiburan, namun juga berbagai macam spot menarik untuk para pecinta kuliner. Oleh sebab itu, jika Anda mengunjungi berbagai tempat di kota tersebut, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata kuliner populer di Kota Solo berikut ini.

Wisata Kuliner Populer di Kota Solo

{1.} Bale Padi Resto


Jika anda ingin menikmati wisata kuliner lengkap dengan pemandangan hamparan sawah yang indah dan sejuk, maka beranjaklah ke Jalan Kadilangau, Baki Pandeyen. Di sana anda akan melihat salah satu restoran populer bernama Bale Padi Resto. Untuk menu makanannya sendiri terbilang lengkap, mulai dari tumis tahu, oseng tempe pare, empal gepuk, gulai kakap dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati olahan berbagai seafood pada malam hari.

{2.} Timlo Sastro


Salah satu makanan khas dari Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan jika pergi ke Kota Solo adalah gudeg timlo. Salah satu kedai atau restoran yang menjual menu ini sejak lama adalah Timlo Sastro yang menurut pendirinya sudah ada sejak tahun 1952. Selain menyuguhkan gudeg, Timlo Sastro juga menyediakan berbagai menu lezat lainnya, termasuk juga sup kaldu ayam yang diberi ati ampela, sosis solo dan kentang. Selain itu ada pula kerupuk kulit dan nasi.

{3.} Serabi Notosuman


Serabi Notosuman adalah salah satu tempat wisata kuliner di Kota Solo. Jika di Bandung terkenal dengan nama surabi, maka di Solo anda bisa mendapatkan jajanan murah meriah dan lezat ini dengan nama serabi. Untuk lokasi yang paling populer, anda bisa berkunjung ke kedai Serabi Norosuma di Jalan M. Yamin. Yang unik dari serabi ini adalah jenisnya yang hanya ada dua, yaitu coklat dan original serta penyuguhannya yang tanpa kuah. Banyak masyarakat yang menyukai Serabi Notosuman ini dikarenakan adonan tepung beras serta santannya yang berbeda dari tempat-tempat lain.

{4.} Tengkleng Bu Edi


Tengkleng merupakan makanan khas dari Solo. Dahulunya makanan ini adalah salah satu menu masyarakat kalangan bawah, dikarenakan dihidangkan dalam keadaan sedikitnya daging yang melekat pada tulang kambing. Namun begitu, karena rasanya yang lezat, gurih, segar dan asam membuat tengkleng banyak diminati semua kalangan. Salah satu tempat untuk mencari makanan ini adalah di warung Tengkleng Bu Edi, yang berada di Pasar Klewer. Warung tengkleng ini bisa dibilang yang paling terkenal di Solo, sehingga bisa dibayangkan tengkleng yang dijual di sana dapat habis hanya dalam waktu 3 jam saja.

Kesimpulan
Sebenarnya selain beberapa tempat wisata kuliner populer di Kota Solo pada daftar di atas, masih melimpah spot-spot wisata makan lainnya yang wajib anda kunjungi. Sebut saja yang terkenal ada Sate Buntel Tambak Segaran di Jalan Tambah Segaran. Ada pula Es Krim Tentrem di Jalan Urip Sumaharjo dan Pasar Malam Ngarsopuro di Jalan Diponogoro.

Lihat juga tempat wisata kuliner lezat di Semarang. Jalan-jalan di Kota Semarang akan terasa tidak lengkap jika belum merasakan kulinernya yang lezat. Kota Semarang tidak hanya memiliki tempat wisatanya yang menarik, akan tetapi juga memiliki obyek wisata kuliner dengan hidangan makanan khas Nusantara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Wisata Kuliner Populer di Kota Solo