Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengobati Penyakit Gondok secara Alami

Gondok merupakan keadaan dimana leher mengalami pembengkakan. Hal ini disebabkan oleh terjadinya pembesaran pada kelenjar tiroid. Namun begitu gondok bukan menjadi tanda bahwa tiroid rusak. Biasanya hal semacam ini disebabkan oleh terlalu banyaknya kelenjar memproduksi hormon (hipertiroidisme). Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, Anda bisa mencoba salah satu cara mengobati penyakit gondok secara alami berikut.

cara mengobati penyakit gondok

Cara Mengobati Penyakit Gondok

{1.} Konsumsi makanan yang kaya akan selenium
Selenium berfungsi secara efektif terhadap kelenjar tiroid. Bahkan disebutkan bahwa kekurangan selenium dapat membuat tiroid menjadi berat, sehingga kondisinya semakin buruk. Anda bisa mendapatkan selenium dari banyak jenis makanan, seperti hati, ginjal, biji bunga matahari, kerang, bibit gandum, jamur, tuna, beras merah, unggas, daging, ikan berlemak, telur dan masih banyak lagi.

{2.} Teh hijau
Teh hijau mengandung banyak antioksidan. Selain itu, teh ini juga memiliki kadar fluoride alami yang tinggi, yang mana berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tiroid. Anda bisa mengonsumsi teh hijau setiap hari untuk membantu mengobati sekaligus mencegah gondok datang kembali.

{3.} Bawang putih
Konsumsi bawang putih dapat merangsang glutathione di dalam tubuh, yang mana berfungsi baik untuk menjaga kesehatan tiroid, termasuk juga dalam mengatasi gondok. Selain itu bawang putih juga dapat mengurangi pembengkakan dari dampak gondok itu sendiri.

Untuk cara penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi 3 hingga 4 siung bawang putih setiap hari pada pagi hari. Jika anda tidak suka rasanya, Anda bisa coba membeli suplemen bawang putih. Namun ingat, penggunaan suplemen haruslah dengan dosis yang tepat. Oleh sebab itu, konsultasikan dahulu pada dokter anda.

{4.} Dandelion
Selanjutnya adalah dengan mengonsumsi dandelion. Menurut pengobatan India, daun dandelion adalah cara alami mengobati penyakit gondok dan dapat mengurangi pembengkakan di leher, sekaligus juga meringankan ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh gondok tersebut.

Untuk cara penggunaannya, anda bisa mencampurkan mentega dengan 2 hingga 3 lembar daun dandelion. Selanjutnya hangatkan, lalu terapkan pada area leher yang bengkak. Anda bisa menggunakan perban untuk menjaga ramuan tersebut tidak terkontaminasi. Diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan. Cara ini bisa diterapkan sekali atau dua kali dalam sehari selama 2 minggu.

{5.} Selada air
Selada air kaya akan yodium, yang dapat membantu untuk mengobati gondok. Selain itu, selada air juga mengandung banyak mineral, semisal germanium, sulfur dan antioksidan yang mana diteliti bermanfaat untuk kelenjar tiroid.

Anda bisa membuat selada air menjadi pasta dengan cara diblender. Setelah itu letakkan ramuan selada air tersebut ke area gondok. Diamkan kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan dengan air. Cara ini bisa anda lakukan setiap hari selama 10 hari.


Kesimpulan
Siapapun dapat mengalami gondok, oleh sebab itu ilmu mengenai cara mengobati gondok secara alami di atas sebaiknya anda pelajari. Selain itu, anda juga harus tahu bahwa gondok dapat menyebabkan gejala yang tidak terduga, seperti kesulitan menelan dan bernapas, batuk serta suara terasak serak. Ketika gejala-gejala tersebut semakin parah, ada baiknya anda berkunjung ke dokter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Penyakit Gondok secara Alami