Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mencegah Keriput Pada Wajah

Keriput merupakan keadaan dimana kulit mengalami penipisan dan mengendur. Hal semacam ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada wajah, namun juga leher, punggung tangan dan lengan bagian atas. Penyebab utamanya sendiri adalan proses alami berupa penuaan, yang mana muncul manakala kolagen dan elastin pada jaringan ikat kulit mulai melemah dan memecah dikarenakan perubahan fibroblas. Untuk menghalau pengkeriputan terjadi sejak dini, anda bisa mencoba beberapa cara alami mencegah keriput pada wajah berikut ini.

cara mencegah keriput pada wajah

Cara Mencegah Keriput Pada Wajah

{1.} Nanas
Ada sebuah enzim yang terdapat pada buah nanas. Enzim tersebut diteliti dapat mempromosikan keelastisitasan kulit, melembabkannya sekaligus membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu buah masam ini juga kaya akan antioksidan, vitamin dan serat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah.

Untuk cara penggunaannya, anda bisa menggosokkan daging buah nanas secara langsung ke area kulit wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air dingin atau hangat.

{2.} Lemon
Jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat dijadikan exfoliant kuat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Selain itu, zat yang terdapat pada lemon juga dapat memudarkan noda, keriput, garis-garis halus dan tanda-tnda penuaan lainnya, termasuk juga lingkaran hitam di sekitar mata.

Anda bisa membuat lemon menjadi jus secukupnya. Selanjutnya terapkan jus tersebut ke seluruh bagian wajah sembari digosok dengan lembut. Diamkan sekitar 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan metode ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sehari.

{3.} Wortel
Dengan menggunakan ramuan wortel termasuk cara mengatasi keriput di wajah. Di sini kandungan vitamin A pada wortel dapat dijadikan sumber alami untuk mempromosikan produksi kolagen, sehingga kulit akan tampak lebih halus dan sehat.

Cobalah untuk merebus 2 atau 3 wortel di dalam air hingga lunak. Setelah itu haluskan wortel sembari tambah sedikit madu. Selanjutnya terapkan ramuan tersebut ke seluruh bagian wajah. Biarkan sekitar 1/2 jam, lalu bersihkan dengan air hangat.

{4.} Almond
Almond merupakan salah satu jenis kacang yang kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan kulit. Diantaranya yang paling populer ada serat, zat besi, vitamin E, kalsium, seng, asam oleat dan asam folat. Dengan kombinasi nutrisi tersebut, proses penuaan dapat ditunda secara alami, termasuk juga kerutan.

Anda bisa coba merendam almond di dalam susu mentah semalaman. Pagi harinya giling almond tersebut hingga halus, lalu oleskan ke seluruh bagian kulit wajah. Biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu cuci dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan cara ini setiap hari. Anda juga bisa menggunakan minyak almond.

Kesimpulan » Penuaan adalah hal yang alami, termasuk juga keriput di wajah dan setiap manusia yang beranjak usianya akan mengalami proses semacam ini. Namun begitu, penuaan dapat ditahan pula dengan pola hidup sehat. Oleh sebab itu, imbangi cara alami mencegah keriput pada wajah pada daftar di atas dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi.

Baca juga cara mengatasi kulit kering secara alami. Kulit yang kering tentunya akan menimbulkan suatu masalah tersendiri, karena akan memicu pada penuaan dini. Seperti timbulnya keriput dan juga noda hitam. Timbulnya kerutan-kerutan serta keriput tersebut dikarenakan wajah kekurangan minyak alami yang berguna demi menjaga elastisitas juga kesegaran pada kulit, sehingga keriput akan lebih cepat timbul terutama bagian dahi dan juga garis senyum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mencegah Keriput Pada Wajah