Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Mudah Agar Tidur Tepat Waktu Setiap Hari

Tidur merupakan salah satu aktivitas penting bagi manusia. Mereka berhubungan dengan bagian integral dari kesehatan fisik dan juga kesehatan mental. Banyak sekali dampak negatif yang timbul manakala anda memiliki waktu tidur yang buruk. Sebaliknya, dengan waktu tidur yang tepat, tubuh akan terjaga kesehatannya secara alami. Berikut tips mudah agar tidur tepat waktu yang dapat anda terapkan saat ini juga.

tips agar tidur tepat waktu

Tips Agar Tidur Tepat Waktu

{1.} Sedikit tidur siang
Tidur siang merupakan cara yang baik untuk beristirahat dari rutinitas. Namun begitu, bukanlah hal yang baik tidur siang dalam jangka waktu yang lama, karena ini nantinya akan membuat anda terjaga pada malam harinya. Untuk itu, cobalah untuk tidur siang tidak terlalu lama. Cara yang terbaik adalah tidur beberapa menit sebelum jam 12 siang, setelah itu bangun dan lakukan aktivitas seperti biasa.

{2.} Mengatur waktu tidur tetap
Dengan mengatur waktu tidur, maka anda akan terbiasa untuk tidur tepat waktu setiap harinya. Mengapa? Karena dengan mengatur waktu tidur, sebenarnya anda sudah membantu mengatur ritme sirkadian (jam tubuh atau jam biologis), sehingga secara alami tubuh anda akan mengantuk pada waktu yang tepat. Contoh saja, anda bisa secara rutin pergi ke ranjang untuk tidur setiap jam 7 malam. Setelah itu siapkan alarm untuk bangun jam 4 atau 5 pagi.

{3.} Ciptakan ruang tidur yang nyaman
Dengan membuat lingkungan tidur yang nyaman adalah tips mudah agar tidur tepat waktu. Misalnya saja anda bisa memperhatikan keadaan suhu dan cahaya. Jangan terlalu dingin dan jangan pula terlalu panas, misalnya saja sekitar 60 sampai 75 derajat (tergantung kebiasaan). Pastikan saat tidur anda mematikan lampu, karena cahaya dapat merangsang anda agar tetap terjaga. Jika perlu gunakan masker mata. Jangan lupa juga matikan alat elektronik, seperti TV, radio dan komputer.

{4.} Olahraga
Olahraga pada pagi hari dapat membantu anda tidur lebih nyenyak pada malam hari. Anda juga bisa berolahraga 3 jam sebelum tidur, sehingga kadar kortisol dalam tubuh dapat kembali normal. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan olahraga berat. Namun begitu, aktivitas sederhana yang menimbulkan keringat juga tidak mengapa daripada tidak melakukannya sama sekali.

5. Hindari minuman berkafein
Minuman berkafein, alkohol dan rokok merupakan stimulan yang dapat mengganggu tidur anda, sehingga sangat mungkin membuat anda tidak bisa tidur tepat waktu setiap harinya. Sebaiknya hindari nikotin maupun kafein 4 hingga 6 jam sebelum tidur.

Kesimpulan
Untuk bisa menerapkan tips mudah agar tidur tepat waktu setiap hari tersebut anda harus berusaha konsisten dan giat. Jika anda malas, maka tidur tepat waktu tidak akan pernah terwujud. Selain itu imbangi juga cara-cara di atas dengan tidak mengonsumsi makanan berat ketika hendak tidur. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi waktu tidur anda, bahkan bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mudah Agar Tidur Tepat Waktu Setiap Hari